Indonesia Sambut Baik Pemulihan Hubungan Diplomatik AS dan Kuba

Presiden AS Barack Obama menyambut Presiden Kuba Raul Castro
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach
VIVAnews - Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana pemulihan hubungan Amerika Serikat dengan Kuba. Pengumuman itu disampaikan oleh Presiden AS, Barack Obama pada melalui siaran televisi. 
Presiden Direktur P&G Indonesia Sebut Prospek Masa Depan Indonesia Cerah 

Demikian isi siaran pers yang diterima VIVAnews pada Jumat, 19 Desember 2014 dari Kementerian Luar Negeri. 
Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

"Perkembangan ini sejalan dengan posisi Pemerintah RI yang selalu menyerukan pencabutan embargo ekonomi terhadap Kuba, yang berdampak buruk bagi kehidupan ekonomi dan sosial rakyat Kuba," tulis Kemlu. 
MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Dukungan tersebut, lanjut Kemlu, sudah disampaikan melalui pemungutan suara di forum PBB yang telah berlangsung sebanyak 23 kali sejak tahun 1992 lalu. Sementara, pada pemungutan suara tanggal 28 Oktober 2014, RI untuk kesekian kali, terus menyampaikan dukungan terhadap rancangan resolusi PBB. 

"Resolusi itu berisi perlunya langkah untuk mengakhiri embargo keuangan, ekonomi dan komersial yang dikeluarkan AS terhadap Kuba. Resolusi tersebut didukung oleh 188 negara dan diadopsi menjadi dokumen resolusi PBB No. A/69/5," papar Kemlu. 

Kendati Obama telah mengumumkan keinginan untuk memperbaiki hubungan diplomatik dengan Kuba, namun Presiden Raul Castro tidak lantas menganggap masalahnya telah selesai. Dalam pernyataan yang disampaikan secara langsung melalui televisi, Castro kembali menuntut agar blokade ekonomi terhadap Kuba segera dicabut. 

"Blokade tersebut memberi dampak yang besar di bidang perekonomian dan kemanusiaan di negara kami," ungkap Castro. 

Realisasi perbaikan hubungan kedua negara itu, dilakukan usai adanya pembicaraan rahasia selama 18 bulan yang melibatkan Vatikan dan Kanada. (ren)

Baca juga: 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya