Tujuh Siswi di Bosnia Hamil Setelah Jalan-jalan Sekolah

Ilustrasi Sarajevo
Sumber :
  • Reuters/Dado Ruvic

VIVAnews - Sedikitnya tujuh siswi sebuah sekolah di Bosnia berusia 13-14 tahun hamil, setelah pulang dari perjalanan bersama sekolah mereka ke Sarajevo, untuk mengunjungi museum dan tempat-tempat bersejarah lain.

Dilansir dari Daily Mail, Minggu, 21 Desember 2014, para orangtua mereka kini marah dan menuntut jawaban dari para guru, karena tidak melakukan pengawasan pada 28 murid wanita yang diajak, dalam perjalanan selama lima hari itu.

Kasus yang melibatkan sekolah di kota Banja Luka, itu telah memicu perdebatan nasional tentang pendidikan seks di Bosnia, dengan meningkatnya jumlah anak-anak berusia 13-15 tahun yang telah aktif secara seksual.

Seorang ginekolog dari Sarajevo, Senad Mehmedbasic, mengatakan meningkatnya tren kehamilan di bawah umur sangat mengkhawatirkan. "Itulah tren yang terjadi saat ini," kata Senad, menekankan pentingnya pendidikan di sekolah.

"Kita tidak dapat membiarkan anak-anak kita, untuk memperoleh pengetahuan tentang seks di jalan, dan bukan di sekolah," ucapnya. Menurut dia, institusi pendidikan dan orangtua berperan penting untuk memberikan pendidikan seksual.

Senad mengatakan, banyak anak-anak terlibat dalam aktivitas seksual tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang kesehatan, serta konsekuensi dari tindakan mereka. Anak-anak remaja disebutnya memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Tidak adanya tempat bertanya yang dipercaya, membuat anak-anak itu mencari tahu dari tempat lain seperti internet. Pada 2013, ada 31 anak perempuan di bawah umur yang dilaporkan hamil. Tapi tujuh dari 28 siswi hanya dalam lima hari, sangat mengkhawatirkan.

Koordinator Kesehatan Reproduksi Nasional, Nenad Babici, mengakui bahwa banyak anak-anak telah terlibat dalam hubungan seksual di usia dini. Tapi dia menyebut tidak mau menyalahkan para guru, karena sikap orangtua juga sangat berpengaruh.


Simak Juga:

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap


Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk


Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri

KPK Cegah Tiga Orang di Kasus Dugaan Korupsi di PT PLN, Siapa Dia?

Komisi Pemberantasan Korupsi, mencegah 3 orang terkait dengan penyidikan baru dugaan kasus korupsi yang terjadi di PT PLN (Persero). Dugaan pada pengadaan barang dan jasa

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024