14 Mei 1955

Pembentukan Pakta Warsawa

VIVAnews - Uni Soviet dan negara-negara sekutu di Blok Timur Eropa menandatangani pembentukan pakta pertahanan di Warsawa, Polandia, 14 Mei 1955.

Laman stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa setelah bersidang selama tiga hari, Perdana Menteri Soviet, Nikolai Bulganin, bersama tujuh negara sekutu sepakat menjalin kerjasama militer, ekonomi, dan budaya diantara delapan negara komunis itu.

Selain Soviet, tujuh negara anggota Pakta Warsawa adalah Polandia, Jerman Timur, Cekoslovakia, Hungaria, Rumania, Bulgaria, dan Albania. Pembentukan Pakta Warsawa terjadi di tengah kabar bahwa Jerman Barat telah diterima menjadi anggota baru Organisasi Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pimpinan Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.    

Pembentukan Pakta Warsawa dan NATO saat itu mempertegas situasi bahwa dunia tengah dilanda Perang Dingin dan Eropa terpecah menjadi dua kekuatan, Blok Barat dan Blok Timur.

Kekuatan Pakta Warsawa akhirnya runtuh seiring dengan gelombang revolusi demokratik di Eropa Timur akhir dekade 1980-an dan bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991. Era Perang Dingin pun berakhir.  

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024