Usai Eksekusi Mati, Suasana Nusakambangan Kembali Normal

Suasana Dermaga Wijayapura usai eksekusi
Sumber :
  • VIVAcoid/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Pengamanan Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah usai eksekusi mati yang berlangsung di lapangan Tembak Limus Buntu, tak jauh dari Lapas Batu, kini kembali normal.

Johan Budi Harusnya Tanggapi Laporan Haris Azhar

Sebelumnya, pengamanan di sejumlah titik hingga Dermaga Wijayapura, yang merupakan pintu masuk Nusakambangan, dijaga ketat aparat kepolisian.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Provinsi Jawa Tengah, Yuspahrudin menyatakan, kini aktivitas di dalam Lapas Nusakambangan telah berjalan seperti biasa. Bahkan, para pengunjung yang hendak membesuk para napi di lapas tersebut langsung berangsur normal.

Dua Tahun Haris Azhar Simpan Rahasia Freddy Budiman

"Di dalam lapas tidak lagi ada pengamanan berarti. Kemarin hingga pagi tadi itu hanya ditingkatkan saat eksekusi mati berjalan, " kata Yuspahrudin kepada VIVA.co.id di Dermaga Wijayapura, Minggu 18 Januari 2015.

Pihaknya mengakui ribuan personel Polri memang disiagakan jelang eksekusi hingga beberapa jam paska eksekusi di Nusakambangan. Akan tetapi hal itu protapnya dipegang langsung oleh Polri sebagai institusi yang membawahi.

Polri, TNI dan BNN Diminta Cabut Laporkan Haris Azhar

"Tapi kini, para personil sudah banyak yang meninggalkan lokasi. Saat ini, pengamanan kembali  di bawah pengawasan kami," beber dia.

Pantauan VIVA.co.id di depan pintu gerbang Dermaga Wijayapura, aktivitas warga memang berangsur normal. Para nelayan yang sebelumnya dilarang beraktivitas jelang eksekusi mati, kini sudah mulai beraktivitas kembali.

 

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya