Raja Baru Arab Saudi Tunjuk Putra Mahkota

Wakil Pangeran Mahkota Mohammed bin Nayef
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
VIVA.co.id
10 Negara Ini Miliki Orang Kaya yang Dermawan
- Raja baru Arab Saudi, Salman, menunjuk Pangeran Mohammed bin Nayef sebagai Wakil Pangeran Mahkota, Jumat, 23 Januari 2015. Waktu penunjukkan yang demikian cepat, di hari yang sama dengan pemakaman almarhum Raja Abdullah, disebut di luar kebiasaan.

Kemlu Belum Terima Laporan WNI Pelaku Bom di Arab Saudi

Dikutip dalam laporan
Ini 10 Orang Terkaya dari Keluarga Kerajaan
Reuters , biasanya dibutuhkan beberapa hari sebelum penunjukkan dibuat. Mohammed merupakan cucu Raja Abdul Aziz. Semua raja setelah raja pertama Saudi itu meninggal pada 1953, adalah para putranya atau garis keturunan pertama.


Sehingga Mohammed bin Nayef merupakan calon raja pertama Saudi yang berasal dari generasi baru. Dia akan menjadi calon raja setelah Muqrin, adik mending Raja Abdullah yang telah ditetapkan Raja Salman sebagai Putra Mahkota.


Penunjukkan cepat Mohammed bin Nayef tampaknya menjadi cara Salman, untuk menghentikan spekulasi tentang nasib Kerajaan Saudi selanjutnya. Pasalnya masih ada lebih dari 35 pangeran senior putra Raja Abdul Aziz.


Sehingga keputusan Salman menjadi jawaban atas pertanyaan yang lama tertunda di Saudi, tentang kapan transisi kekuasaan akan berpindah pada generasi selanjutnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya