Jepang Gandeng Yordania untuk Bebaskan Warganya dari ISIS

Kenji Goto, warga Jepang yang disandera ISIS
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino

VIVA.co.id - Jepang telah berjanji untuk bekerjasama dengan Yordania, untuk mengamankan pembebasan jurnalis Jepang yang disandera kelompok ISIS, Kenji Goto, setelah kelompok militan itu mengeksekusi seorang sandera, pekan lalu.

Dilansir Reuters, Selasa, 27 Januari 2015, penyanderaan warga Jepang oleh ISIS menjadi ujian bagi Perdana Menteri Shinzo Abe, yang berkuasa pada 2012, berjanji akan meningkatkan peran Jepang dalam persoalan keamanan global.

"Kami akan bekerjasama dengan pemerintah Yordania, untuk mengamankan pembebasan Goto," kata Menteri Luar Negeri Yasuhide Nakayama, Senin malam, 26 Januari 2015. Nakayama telah berada di Yordania sejak akhir pekan, terkait dengan krisis penyanderaan.

ISIS telah membatalkan tuntutan pembayaran tebusan, dan mengatakan bersedia membebaskan Goto dan ditugas dengan Sajida al-Rishawi, seorang pelaku bom bunuh diri Irak yang di penjara di Yordania.

Seorang pilot Yordania juga ditangkap oleh ISIS, setelah pesawatnya jatuh dalam serangan udara di Suriah, Desember 2015. Media melaporkan bahwa ISIS menuntut pembebasan terpidana lainnya, memicu dugaan adanya pertukaran ganda untuk Goto dan pilot Yordania.

Raja Yordania Abdullah, mengatakan bahwa nasib pilot mereka menjadi prioritas. Dua anggota parlemen Yordania mengatakan, Senin, bahwa Yordania mungkin bersedia membebaskan al-Rishawi, untuk ditukar dengan Goto dan Kasaesbeh. (ren)

Difabel Militan ISIS Lakukan Eksekusi

Simak Juga:



Sadis, Kepala Korban Pemenggalan ISIS Dijual ke Kolektor
Pasukan ISIS di Suriah.

Gadis Remaja Swedia Berhasil Lolos dari ISIS

Ia dijerumuskan pacarnya dan mengalami hari-hari yang sulit.

img_title
VIVA.co.id
24 Februari 2016