Turkmenistan Larang Mobil Hitam

Presiden Turkmenistan Kurbanguly Berdymukhamedov
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Mulai Hari Ini, Prabowo Subianto Bakal Dikawal Paspampres
- Petugas bea cukai Turkmenistan melarang impor mobil berwarna hitam dan menyarankan warna putih sebagai penggantinya. Tidak jelas apa alasan pelarangan yang dilakukan negara di Asia Tengah itu, namun warna putih dianggap terkait dengan keberuntungan.

Ternyata Ada 3 Tentara Wanita Malaysia yang Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Dikutip dari
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan
BBC , Senin, 26 Januari 2015, Presiden Turkmenistan, Kurbanguly Berdymukhamedovmulai, menggunakan konvoi mobil limusin putih baru-baru ini, untuk melakukan perjalanan ke acara-acara publik, yang segera diikuti 160 pejabat tinggi.


Kebiasaan itu bahkan diikuti juga oleh beberapa petinggi media. Larangan terkait warna mobil itu, adalah kebijakan terbaru dari daftar panjang peraturan, termasuk larangan mengimpor mobil jenis coupe, mobil supermewah dan kendaraan dengan pelat khusus.


Publik Turkmenistan disebut telah terbiasa dengan larangan-larangan eksentrik dalam kehidupan sehari-hari, yang kerap diberlakukan atas keinginan sang presiden. Warga ibukota Ashgabat, pada 2014, menggelar protes setelah adanya larangan pemasangan pendingin ruangan (AC).


Publik diperintahkan memindahkan unit-unit AC dari apartemen mereka, demi meningkatkan penampilan kota. Pemerintah juga menghabiskan miliaran dolar untuk menata ulang kota menjadi "kota putih," dengan melapisi gedung-gedung utama dengan marmer. (one)


VIVA.co.id / Mitra Angelia


Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya