Intelijen Mabuk Jatuhkan Drone di Gedung Putih

Drone jatuh di halaman Gedung Putih
Sumber :
  • Secret Service
VIVA.co.id
Drone Amfibi Penjaga Wilayah RI Kantongi Sertifikat Militer
- Sebuah drone jatuh di halaman Gedung Putih, memicu pemberitaan di Amerika Serikat (AS), belakangan diketahui terkait dengan ulah seorang agen intelijen yang sedang mabuk. Insiden itu kini memicu perdebatan tentang lubang keamanan Gedung Putih.

Terungkap, Misi Lanjutan Inisiator Pesawat Tenaga Surya

Disebut dalam laporan
Cracuns, Drone yang Bisa Menyelam
Sydney Morning Herald , Rabu, 28 Januari 2015, drone itu diterbangkan oleh seorang agen dari Badan Intelijen Geospatial Nasional yang sedang tidak bertugas. Saat itu dia dalam keadaan mabuk di apartemennya, dekat Gedung Putih.


Dia memutuskan untuk menerbangkan drone seharga beberapa ratus dolar milik temannya, yang kemudian jatuh di halaman Gedung Putih. Baru esok harinya dia sadar bahwa drone itu telah menjadi fokus pemberitaan. Dia pun menghubungi bosnya dan membuat pengakuan.


Pejabat keamanan AS mengatakan insiden itu memperlihatkan rapuhnya keamanan di kompleks Gedung Putih. Radar memang dapat mendeteksi ancaman dari pesawat atau rudal yang mengarah ke Gedung Putih, tapi tidak untuk drone berukuran kecil.


Isu tentang bagaimana menghentikan sebuah drone, telah menjadi pembahasan intensif Agen Rahasia selama beberapa tahun terakhir. Sebuah studi rahasia dilakukan, tentang cara-cara baru untuk mendeteksi dan menghentikan drone.


Obama yang sedang berada di Arab Saudi, menolak berkomentar terkait insiden Drone. Tapi dalam wawancara, Selasa, Obama menyebut telah menginstruksikan badan keamanan federal untuk mempelajari kebutuhan untuk membuat regulasi yang mengatur penggunaan drone.





Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya