Michelle Obama Tanpa Kerudung di Arab Saudi Jadi Sorotan

Michelle Obama mendampingi suaminya dalam kunjungan ke Arab Saudi
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Michelle Obama memilih tidak mengenakan kerudung penutup kepala saat mendampingi suaminya, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, dalam kunjungan ke Arab Saudi untuk bertemu Raja Salman bin Abdulaziz yang baru naik tahta, pekan lalu.

Laman Sydney Morning Herald, Kamis, 29 Januari 2015, menyebut ada peraturan ketat bagi perempuan Saudi untuk mengenakan kerudung yang menutupi rambut, serta pakaian hitam longgar yang tidak menunjukkan bentuk tubuh di tempat publik.

Walau begitu ada pengecualian untuk warga negara asing, dan sebagian perempuan Barat memilih untuk tidak mengenakannya, termasuk Michelle. Saat delegasi pejabat Saudi menyambut di Riyadh, sebagian memilih tidak bersalaman dengan Michelle.

Beberapa foto menampakkan kekesalan Michelle merespon sikap sejumlah pejabat Saudi yang melewatinya. Keputusan Michelle untuk tidak mengenakan kerudung menjadi perdebatan di antara publik Saudi di media sosial.

Kunjungan Obama ke Saudi dimaksudkan untuk mempertegas, betapa pentingnya Saudi bagi AS. Tapi di media sosial, perhatian besar justru ditujukan pada keputusan Michelle dalam berbusana.

Ribuan pengguna Twitter mengkritik Michelle yang mengenakan kerudung saat kunjungan ke Indonesia, dan mempertanyakan keputusannya untuk tidak mengenakannya juga di Saudi. Sementara sebagian kecil menilai sudah saatnya Saudi meninggalkan peraturan ketat bagi wanita.

Michelle Obama Memukau Bergaun Biru saat Pidato

Simak Juga:



(ren)

Michelle Obama akan Beri Wejangan Soal Pakai Twitter
Presiden Barack Obama dan Michelle dan PM Singapura

Michelle Obama Pakai Gaun Karya Desainer Favorit Lady Gaga

Gaun tersebut memiliki lipatan di bagian atas.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016