Dubes Blake: Apel Produksi AS Aman Dikonsumsi

Apel Amerika yang Dilarang Edar Masih Laris di Parepare
Sumber :
  • Rusli Djafar/Kota Parepare
VIVA.co.id -
Mencicipi Buah-buahan Segar di Festival Buah Impor AS
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, menghormati sikap Pemerintah RI yang melarang impor dua jenis apel asal Negeri Paman Sam. Sebab, apel jenis itu terbukti tercemar bakteri Listeria Monocytogenes.

Kisah Pedagang Apel Malang Berburu Apel ke Luar Kota

Ditemui di Pusat Kebudayaan Amerika Serikat, Jakata Selatan, Blake menyebut pemerintahnya hingga kini masih mencari tahu akar masalah dari persoalan tersebut.
Imbas Penarikan Apel AS, Penjualan Lokal Ikut Menurun


"Kami, memang menanggapi permasalahan ini sangat serius. Kami selalu menanggapi ancaman terhadap kesehatan publik secara serius baik di Indonesia atau di Amerika Serikat," ujar Blake.


Dia memastikan akan menindaklanjuti kejahatan publik tersebut. Walaupun dua jenis apel diduga mengandung bakteri, namun Blake menegaskan, sebagian besar apel buatan negaranya tetap aman untuk dikonsumsi.


"Masyarakat Indonesia bisa yakin bahwa apel yang mereka makan dari Amerika Serikat aman dan lezat," imbuh dia.


Apel yang terkontaminasi merupakan jenis apel Gala dan Granny Smith. Buah tersebut disinyalir tercemar bakteri sejak berada di perkebunan. Namun, ada juga yang menduga, bakteri mencemari apel pada saat proses pencucian di pabrik.


Celakanya, jenis apel itu merupakan buah yang laku di pasar lokal. Keduanya mudah ditemui di berbagai pasar swalayan di Tanah Air. Kementerian Perdagangan kemudian meminta agar distribusi apel impor jenis ini dihentikan.


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya