Berkomentar Anti-Yahudi, Komedian Prancis Diadili

Komedian Prancis Dieudonné M’bala M’bala (kiri)
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
04-08-1944: Anne Frank Diangkut Nazi ke Auschwitz
- Komedian Prancis Dieudonne M'bala M'bala diadili dalam pengadilan kriminal di Paris, Rabu, 28 Januari 2015, karena komentarnya tentang seorang jurnalis Yahudi yang tidak mati dalam kamar gas beracun.

Trump: Ikatan AS-Israel Tak Dapat Dipatahkan

Dilansir
Menetaplah di Negara Ini Jika Ingin Sehat, Kaya dan Bahagia
New York Times , Kamis, 29 Januari 2015, M'bala telah menjadi simbol perjuangan sekaligus mempertegas standar ganda prinsip kebebasan berbicara di Prancis, yang menganggap penghinaan agama bebas dilakukan tapi tidak terhadap Yahudi.


Jutaan warga Paris turun ke jalan untuk aksi protes kebebasan berbicara, pasca penyerangan media Charlie Hebdo yang menewaskan 12 orang, diklaim sebagai aksi balas dendam atas pemuatan karikatur Nabi Muhammad.


Polisi Prancis melakukan penyelidikan dan pemerintah melarangnya melakukan pertunjukkan, terkait komentarnya tentang Patrick Cohen pada 2013. Untuk kasus yang diadili, Rabu, M'bala terancam satu tahun penjara dan denda sebesar 45.000 euro.


Sebelumnya, M'bala telah dituntut hampir 40 kali karena tuduhan melanggar undang-undang anti-kebencian. M'bala membantah tuduhan bahwa dirinya seorang anti-semit dan menegaskan dirinya sebagai penyuara kebebasan berekspresi.


Dia pun merujuk pada keputusan Charlie Hebdo untuk kembali memuat karikatur Nabi Muhammad, yang memprovokasi umat Muslim dunia namun didukung oleh pemerintah Prancis dan negara-negara Eropa lain.


Para pendukung M'bala mengatakan tuntutan terhadapnya, merefleksikan standar ganda bahwa boleh menghina Muslim dan agama lain, asal tidak menyinggung Yahudi. (ren)


Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya