Ethiopia Minta Lebih Banyak Investasi dari RI

Menlu Retno menandatangani MoU dengan Menlu Ethiopia
Sumber :
  • Kementerian Luar Negeri RI
VIVA.co.id -
Ethiopia Segera Buka Kedubes di Indonesia
Presiden Ethiopia, Mulatu Teshome, berharap lebih banyak perusahaan Indonesia yang hadir di Ethiopia untuk memanfaatkan peluang bisnis yang ada. Hal itu disampaikan Teshome ketika bertemu dengan Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi di Addis Ababa pada Kamis waktu setempat.

23-11-1996: Pesawat Ethiopia Dibajak dan Jatuh ke Laut

Demikian ungkap Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan resmi yang diterima
Mingi, Tradisi Sadis Suku di Ethiopia
VIVA.co.id hari ini. Kemlu mencatat, setidaknya dua perusahaan Indonesia telah beroperasi di sana, yakni PT Indofood dan PT Sinar Antjol.


Mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu pun turut meminta kepada Pemerintah Ethiopia untuk meningkatkan perlindungan terhadap investor Indonesia. Saat berbicara dengan Teshome, Retno turut menyampaikan undangan Presiden Joko Widodo agar Ethiopia hadir dalam peringatan ke-60 Asia Afrika yang digelar pada 22-24 April mendatang.


Selain bertemu Teshome, Retno juga berdialog dengan mitranya, Menlu Tedros Adhanom. Kepada Adhanom, Retno menyebut ini merupakan kunjungan Menlu RI pertama ke negaranya, setelah kedua negara menjalin hubungan diplomatik di tahun 1974.


Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN yang memiliki gedung Kedutaan Besar di Ethiopia. Ini menandakan pentingnya Ethiopia bagi Indonesia.


Namun, Ethiopia belum memiliki Kedubes di Jakarta. Oleh sebab itu, Retno menyarankan agar Pemerintah Ethiopia membuka gedung Kedubes di Jakarta.


"Usulan tersebut disambut positif oleh Menlu Ethiopia dan akan segera ditindak lanjuti," kata Retno.


Kedua Menlu juga menandatangani sebuah nota kesepahaman (MoU) mengenai Forum Kerja Sama Bilateral (FKB) Indonesia-Ethiopia yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.


"MoU ini menunjukkan komitmen tinggi Indonesia terhadap hubungan bilateral dengan Ethiopia. Ke depannya, akan ditujukan untuk meningkatkan kehadiran Indonesia di bidang ekonomi di Ethiopia," imbuh dia. (ren)



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya