Lagi, ISIS Rilis Video Pemenggalan Wartawan Jepang

Junko Ishido Bebicara Kepada Wartawan Mengenai Anaknya yang Ditahan ISIS
Sumber :
  • REUTERS / Yuya Shino

VIVA.co.id - Militan Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) mengatakan telah membunuh sandera Jepang Kenji Goto, setelah kegagalan upaya internasional untuk membebaskannya melalui pertukaran tawanan.

Kelompok Islam garis keras, yang menguasai sebagian besar Suriah dan Irak ini, merilis sebuah video yang kabarnya menunjukkan pemenggalan tubuh wartawan asal Jepang tersebut. Video itu dirilis pada Sabtu 31 Januari 2015. Mereka juga mengancam akan melakukan serangan lebih lanjut terhadap sasaran Jepang.

Dalam video tersebut, menampilkan adegan seorang militan ISIS yang mengenakan penutup kepala berdiri di belakang Goto. Pria itu meletakkan piasu ke tenggorokan Goto. Adegan berikutnya adalah rekaman kepala yang diletakkan di belakang tubuh diduga Goto.

Video itu dirilis tepat satu minggu setelah rekaman yang konon menunjukkan pemenggalan sandera asal Jepang lainnya, Haruna Yukawa.

Jepang mengutuk video tersebut. Perdana Menteri Shinzo Abe akan bertemu untuk membahas video keji itu.

"Saya tak bisa menahan rasa amarah yang kuat bahwa tindakan tidak manusiawi dan biadab terorisme seperti ini telah dilakukan lagi. Kami tegas mengutuk ini," kata Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga, seperti dikutip Reuters, Minggu 1 Februari 2015.

Seorang juru bicara Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat sedang bekerja untuk mengkonfirmasi keaslian video terbaru tersebut. Amerika juga mengutuk keras tindakan kelompok militan itu.

Baca juga:

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS
Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016