Orang-orang Jawa dalam Politik Suriname

Raymond Sapoen capres Suriname keturunan Jawa
Sumber :
  • DWT Online
VIVA.co.id
Jateng 'Ekspor' Ratusan Perawat ke Suriname
- Selain Raymond Sapoen yang menjadi calon presiden dalam pemilu di Suriname, Mei 2015, ada sejumlah politisi Suriname lainnya yang memiliki latar belakang keturunan Jawa.

Sambangi Suriname, Gubernur Ganjar Promosi Jawa Tengah

Ada empat orang Jawa dalam kabinet Suriname saat ini, yaitu Menteri Dalam Negeri Soewarto Moestadja, Menteri Tenaga Kerja Michael Miskin dan Menteri Pertanian Hendrik Setrowidjojo.
Ada Enam Negara Gunakan Bahasa Jawa


Sementara Raymon menjabat menteri perdagangan dan industri. Selain mereka yang menjabat di kabinet, ada Salam Soemohardjo, pemimpin Partai Pertjajah Luhur yang pernah menjabat Ketua Parlemen Suriname (2005-2010).


Sementara Partai KPTI dipimpin Willy Soemita, serta Oesman Wangsabesari dan Refano Wongsoredjo yang menjadi anggota parlemen. Selain Raymond, orang keturunan Jawa di Suriname yang populer adalah Sonny Kertoijoyo.


Sonny pernah tercatat sebagai menteri termuda di Suriname, saat menjabat menteri dalam negeri dalam usia 30 tahun. Selain di politik, ada Edward Moejito Redjopawiro yang merupakan petinggi militer Suriname.


Edward yang memiliki gelar doktor itu, juga merupakan penulis buku 'Dampak Imigran Indonesia dalam Sistem Hukum di Suriname,' yang mengisahkan tentang pengaruh budaya Jawa seperti gotong royong bagi situasi politik di Suriname.




Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya