Menguak Keluarga Capres Suriname di Banyumas

Raymond Sapoen capres Suriname keturunan Jawa
Sumber :
  • Suriname Herald
VIVA.co.id -
Jateng 'Ekspor' Ratusan Perawat ke Suriname
Satu diantara kandidat Presiden Suriname ternyata keturunan Banyumas, Jawa Tengah. Dia adalah Raymond Sapoen. Pria ini diduga merupakan cucu dari Sapoen, warga Desa Kanding, Kecamatan Somagede, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Sambangi Suriname, Gubernur Ganjar Promosi Jawa Tengah

Menurut sejumlah keluarga yang ada di Banyumas, Sapoen pergi dari banyumas pada masa penjajahan belanda. Kemudian, Sapoen hilang. Nah, simpang siur kabar, dia menghilang karena dikirim sebagai pekerja VOC di Suriname.
Ada Enam Negara Gunakan Bahasa Jawa


Kabar mengenai warga ketutunan asli desa tersebut yang menjadi salah satu calon presiden terkuat di Suriname mengemparkan warga. Sejumlah keluarga yang diduga masih kerabat masih belum yakin bahwa Raymond Sapoen calon Presiden Suriname merupakan keturunan dari Sapoen yang hilang pada masa penjajahan belanda sekitar 1928.


Parsono, salah satu keturunan satu buyut dengan Raymond Sapoen, masih belum yakin. Namun adanya kemiripan bentuk wajah Raymond Sapoen dengan dirinya dan terlebih kakaknya sangat mirip serta adanya cerita dari sang kakek yang pernah bercerita ada keluarga yang bernama Sapoen yang pergi tidak kembali membuat keluarga agak sedikit yakin dengan adanya kabar tersbut.


Terkait dengan kabar ini, Awal Nurhandoko Pemerintah Desa Kanding membenarkan ada warganya yang bernama sapoen hilang pada masa penjajahan belanda sekitar tahun 1928, Sapoen diduga pergi ikut bekerja pada VOC pada masa penjajahan belanda.


Namun pemerintah desa belum bisa memastikan siapa keluarga yang masih tersisa karena tidak ada data yang menjelaskan tentang nama orang tua sapoen.


Keluarga Sapoen berharap agar pihak Raymond yang merupakan calon presiden Suriname keturunan dari Sapoen warga Banyumas untuk dapat menguak siapa orang tua dari Raymond.


Jika benar, keluarga di Banyumas dan seluruh warga Banyumas berharap agar Raymond Sapoen dapat terpilih menjadi Presiden Suriname. (ren)


Robbi Sofwan Amin (Banyumas)


Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya