Sultan Bolkiah Usulkan Buka Penerbangan Langsung Brunei-RI

Sultan Brunei Hassanal Bolkiah memberikan penghargaan
Sumber :
  • Brunei Times
VIVA.co.id -
Jokowi ke Silicon Valley
Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, mengusulkan agar dibuka penerbangan langsung dari Brunei Darussalam  ke beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Bali serta sebaliknya. Dengan begini, ujar Hassanal, bisa mempermudah perjalanan warga kedua negara.

Tujuh Poin Arahan Presiden Kepada Pimpinan TNI-Polri

"Ini tidak hanya menyumbang sektor ekonomi dan pariwisata, tetapi juga mempermudah perjalanan bagi warga Indonesia yang berkontribusi sebagai penyumbang tenaga kerja terbanyak di Brunei," ungkap Hassanal dan dikutip situs resmi Sekretariat Kabinet,
Jokowi: Indonesia Mitra Utama Timor Leste
setkab.go.id , Minggu, 8 Februari 2015.


Pernyataan itu merupakan bagian dari keinginannya untuk memperkuat kerjasama di bidang ekonomi dan antar warga. Hassanal turut berharap ke depan semakin banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di Brunei Darussalam.


Dia pun turut berkomentar mengenai hubungan kedua negara. Di matanya, hubungan bilateral RI dan Brunei diikat berdasarkan ikatan ulama, sejarah dan bangsa.


"Ikatan ini tidak putus walau masa dan keadaan berubah," kata dia.


Bintang kehormatan


Saat berkunjung ke Brunei, Hassanal menganugerahi bintang kehormatan Darjah Kerabat Laila Utama La bagi mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Jokowi mengaku bangga dan merasa terhormat atas penghargaan tersebut.


Menurut Jokowi, Brunei memiliki arti penting. Sebab, termasuk dalam rangkaian negara yang dikunjunginya untuk kali pertama setelah menjabat sebagai Presiden.


"Saya merasa sangat beruntung memiliki mitra seperti Sultan Hassanal Bolkiah yang sangat dicintai rakyat Brunei. Saya pun merasa yakin wawasan Brunei 2035 bisa dicapai di bawah kepemimpinan Beliau," ucap Jokowi.


Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengundang Hassanal untuk ikut dalam peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang digelar di Bandung pada akhir April mendatang.


Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya