Kunjungan Menlu Prancis ke Jakarta Ditunda

Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius di forum PBB
Sumber :
  • REUTERS/Shannon Stapleton

VIVA.co.id - Kunjungan Menteri Luar Negeri Prancis, Laurent Fabius, yang semula dijadwalkan ke Jakarta, hari ini, Selasa 10 Februari 2015, ternyata ditunda.

Belgia Ungkap Pengakuan Sebenarnya Pelaku Bom Brussels

Menurut informasi Atase Pers Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, Vignal Gaspard, penundaan lawatan Fabius ke Indonesia, akibat perkembangan situasi terakhir di Ukraina.

Demikian isi siaran pers yang diterima VIVA.co.id dari Kedubes Prancis di Jakarta. Presiden Prancis, Francois Hollande dijadwalkan akan menggelar pertemuan pada Rabu besok, bersama tiga pemimpin dari Rusia, Jerman, dan Ukraina.

"Mengingat gawatnya situasi keamanan di Eropa, Presiden Francois Hollande telah meminta Pak Menlu Fabius untuk mendampingi beliau untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Minsk, Belarusia, yang berlangsung Rabu esok," ujar Gaspard dalam pernyataan tertulis.

Dia menegaskan bahwa kunjungan Fabius bukan dibatalkan, melainkan ditunda.

"Kedubes Prancis di Indonesia akan menyampaikan tanggal kedatangan Pak Menlu secepatnya, setelah diketahui tanggal selanjutnya diputuskan dan disetujui oleh pihak berwenang Indonesia," tambah Gaspard.

Semula Fabius dijadwalkan akan memboyong belasan pengusaha Prancis. Lawatan itu akan mengusung dua tema khusus, yakni perubahan iklim dalam rangka persiapan KTT Iklim Paris 2015 dan diplomasi ekonomi.

Berdasarkan jadwal sebelumnya, akan ada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pertamina dan Perusahaan Prancis, Akuo Energy. 

Selain itu, agenda penting lainnya yaitu meresmikan gedung baru Kedubes Prancis dan dijadwalkan ikut dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (asp)

Spanyol-Prancis Terlibat 'Perang' Bisnis Anggur



Baca juga:




Presiden Prancis bertemu pemuka agama

Hollande Adakan Pertemuan dengan Pemuka Agama

Mereka berharap tak akan terseret dalam politik yang dimainkan ISIS.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2016