Asap Oranye Beracun Ancam Lima Kota di Spanyol

Asap Oranye Beracun Ancam Lima Kota di Spanyol
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Faisal Halim Pensiun Dini Usai Disiram Air Keras, Begini Kata Bos Selangor
- Asap oranye beracun yang tercipta setelah ledakan asam nitrat (HNO3) pada sebuah pabrik kimia di Igualada, menyebar ke empat kota lain di Spanyol, mengancam lebih dari 65.000 warga.

Mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin Mangkir dari Panggilan KPK Soal Pungli Rutan

Dilansir dari laman
Terungkap! Inilah Sosok Desainer di Balik Busana Pengajian Cantik Mahalini
Daily Mail , Kamis, 12 Februari 2015, warga di lima kota Catalonia telah mendapat peringatan untuk tetap berada di dalam rumah. Dua orang dilaporkan terluka akibat ledakan di pabrik kimia.


Juru bicara departemen pemadam kebakaran Catalonia mengatakan, ledakan terjadi setelah beberapa produk tercampur dan meledak. Asam nitrat berbahaya jika terhirup, tertelan atau terjadi kontak dengan mata dan kulit.


Biasanya menyebabkan iritasi, terutama pada mata, tenggorokan dan kulit. Tapi dalam dosis yang tinggi dapat menyebabkan luka bakar yang berat. Paparan yang lama juga dapat mengganggu pernapasan dan merusak lambung.


Mereka yang terpapar asam nitrat disarankan untuk mencuci bagian yang terkena dengan sabun dan air, sebelum dibawa ke rumah sakit untuk pertolongan lanjutan.


Otoritas kota mengatakan sedang memeriksa jaringan distribusi air, mencegah agar tidak ada air terkontaminasi yang dikonsumsi oleh warga. (art)



Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya