Tiga Polisi Denmark Ditembak, Terkait Kartun Nabi

Penembakan Denmark
Sumber :
  • RT.com
VIVA.co.id -
Ratusan Orang Hadiri Pemakaman Penembak Denmark
Tiga polisi terluka ditembak dua penyerang tak dikenal saat mengawal jalannya diskusi tentang kebebasan yang dihadiri duta besar Perancis dan kartunis kontroversial asal Swedia, Lars Vilk.

Penghina Nabi dari Swedia Tak Sadar Perbuatannya Berisiko

Menurut laporan dari TV2 Denmark yang dilansir RT.com, Sabtu 14 Februari 2015, dua penyerang yang mengenakan pakaian serba hitam, memberondongkan peluru dari senjata yang mereka bawa ke arah jendela di Kafe Hosting di Kota Kopanhagen, Denmark.
Polisi Denmark Tembak Mati Pembunuh Penghina Nabi


Penembakan terjadi beberapa saat setelah duta besar Perancis untuk Denmark, Francois Zimeray, berpidato di hadapan para seniman.


Forum diskusi, bertema "Seni, Penghujatan dan Kebebasan Berekspresi" itu selenggarakan di pusat budaya Krudttonden di Kopenhagen Utara.


Penyerang sedikitnya melepaskan 30 tembakan dari luar gedung pertemuan hingga melukai tiga polisi.


Kedua pelaku dikabarkan melarikan diri dengan menggunakan mobil merek Volkwagen jenis Polo berwarna gelap.


Kuat dugaan target penembakan adalah Lars Vilk, kartunis yang dikenal sebagai pembuat kartun Nabi Muhammad pada tahun 2007. Saat itu, muslim dunia sangat marah atas pembuatan kartun yang dinilai telah menghina Islam.


Penyelenggara acara Helle Merete Brix  menyatakan, Vilk selamat dalam serangan itu, kini ia sudah dievakuasi dari lokasi dengan pengawalan ketat polisi.


Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya