ISIS Unjuk Kekuatan dengan Konvoi Mobil di Libya

Sumber :
  • YouTube
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- ISIS kembali merilis video propaganda untuk memamerkan kekuatan, dengan rekaman yang memperlihatkan konvoi mobil-mobil baru lengkap dengan bendera ISIS di Libya.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Dilansir dari laman
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai
Daily Mail , Rabu, 18 Februari 2015, ISIS memperlihatkan mobil-mobil jenis Toyota Land Cruiser baru, seakan untuk memperlihatkan bagaimana kemampuan mereka dalam hal pendanaan.


Video diunggah oleh kelompok Ansar al-Sharia, yang terafiliasi dengan ISIS. Kelompok itu sebelumnya mengklaim bertanggungjawab, atas pembunuhan duta besar Amerika Serikat (AS) di Benghazi pada 2012.


Pada akhir pekan lalu, kelompok radikal itu juga merilis video eksekusi mati terhadap 21 orang warga Mesir di Libya. Mereka juga dilaporkan masih menyandera 35 orang warga Mesir lain.


Eksekusi mati warga Mesir itu sekaligus menjadi isyarat kuat, bagaimana ISIS telah berhasil memanfaatkan kekacauan situasi di Libya, yang didera konflik berkepanjangan setelah digulingkannya Moammar Kadhafi pada 2011.


Ansar al-Sharia dilaporkan telah memiliki puluhan kendaraan lapis baja, serta persenjataan berat lain. Mereka berusaha melakukan perebutan wilayah-wilayah, lalu memaksa penduduk untuk bergabung.


Setelah sukses menggulingkan Kadhafi dengan memanfaatkan kelompok-kelompok militan, AS dan negara-negara Barat kemudian mendukung upaya memotori perang sipil di Suriah.


Kelompok-kelompok pemberontak dari Libya yang didukung Barat, termasuk kelompok radikal Front Al-Nusra yang teafiliasi dengan Al-Qaeda, turut masuk ke Suriah untuk membantu Barat menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.


Setelah ISIS kesulitan memperluas wilayahnya di Irak dan Suriah, sebagian militan kembali ke Libya dan sukses membangun kekuatan, akibat tidak adanya pemerintahan yang diakui di negara itu.





Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya