VIDEO: Abbott Ungkit Bantuan Tsunami Agar Bali Nine Bebas

Perdana Menteri Australia, Tony Abbott
Sumber :
  • REUTERS/Sean Davey
VIVA.co.id -
Ibu Mendiang Bali Nine: Pak Jokowi, Anda Begitu Kejam
Pemerintah Australia mulai kehabisan akal dalam melobi Indonesia agar menghindarkan dua warganya, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan dari eksekusi mati. Salah satu cara yang digunakan yakni dengan mengungkit kembali bantuan kemanusiaan yang pernah diberikan Australia ke Provinsi Aceh di tahun 2004 lalu usai dihantam gelombang tsunami.

Indonesia Jamin Tak Ada Hukuman Mati untuk Jessica

Pernyataan itu disampaikan oleh Perdana Menteri Tony Abbott. Menurutnya bantuan senilai AUD$1 miliar yang pernah digelontorkan Australia bisa menjadi pertimbangan untuk mengampuni Chan dan Sukumaran. Bahkan, pemimpin Partai Liberal itu menekankan Australia selalu menjadi penolong di saat Indonesia mengalami kesulitan.
Datang ke San Fransisco, Jokowi Disambut Unjuk Rasa


"Mari jangan lupakan, beberapa tahun yang lalu, ketika Indonesia dihantam tsunami, Australia mengirimkan bantuan senilai miliaran dollar. Kami juga mengirimkan banyak kontingen pasukan untuk membantu," ungkap Abbott.


Klik videonya .


Pada rakyat dan pemerintah Indonesia, lanjut Abbott, Australia selalu ada untuk Indonesia. Oleh sebab itu, mereka berharap, Indonesia akan melakukan hal serupa.


Pernyataan itu ditanggapi keras oleh Kementerian Luar Negeri RI. Juru bicara Kemlu, Arrmanatha Nasir, mengatakan semoga pernyataan Abbott tidak mencerminkan sikap Australia sesungguhnya.


"Ancaman bukan bahasa diplomatik," tegas diplomat yang akrab disapa Tata itu.


Baca juga:






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya