Indonesia Akan Bebaskan Visa untuk Turis Rusia

Pedagang Barang Antik di Jalan Surabaya
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Kementerian Luar Negeri tengah menggagas pembebasan visa bagi turis Rusia. Direktur Eropa Tengah dan Timur Kementerian Luar Negeri, Ibnu Hadi menuturkan, ada lima negara yang akan dibebaskan dari visa. Hanya saja, pemerintah tengah fokus kepada Rusia, lantaran negeri itu memberikan kontribuai tinggi bagi kedatangan turis. Jumlahnya tiap tahun terus meningkat.

"Ada lima negara yang visanya akan dibebaskan,  salah satunya Rusia. Saat ini masih dalam dalam proses. Rusia ini sekarang jadi target kami untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Ibnu di Denpasar, Jumat 20 Februari 2015.

Ibnu memaparkan, jumlah kunjungan turis Rusia terus meningkat tiap tahun. Kendati begitu ia mengakui jika pada periode 2013 menuju 2014 jumlah kunjungan turis Rusia mengalami penurunan. Penyebabnya tak lain adalah krisis ekonomi yang melanda Negeri itu.

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata, jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia pada tahun 2014 mencapai 88.775 orang. Sementara tahun 2013 lalu mencapai 93.622 jiwa. "Turis Rusia sangat menyukai pantai seperti Bali, Bintan dan Lombok. Kami punya semua yang mereka inginkan. Mereka (turis Rusia) sangat potensial," tutur Ibnu.

Dari jumlah komposisi penduduk, populasi Rusia lebih banyak dibanding negara lain di kawasan Eropa Timur. Saat ini jumlah warga negara Rusia mencapai 143 juta jiwa. Dari konteks pertumbuhan ekonomi, Rusia juga tengah mengalami pertumbuhan baik dibanding negara lain di kawasan. "Itu alasan kami membidik Rusia," kata dia.

Langkah pemerintah untuk membebaskan visa turis rupanya mengikuti negara lain di ASEAN yang telah memberlakukan hal serupa terlebih dahulu semisal Thailand. Langkah pembebasan visa juga untuk memenuhi target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019.

Sementara itu Konsul Kehormatan Rusia di Bali, Chairul Nuku Kamka mengakui bahwa kunjungan turis rusia awal tahun 2015 ini menurun. pada Januari 2015 kunjungan turis Rusia ke Bali sekitar 2.000 orang. Sementara pada periode sama tahun lalu mencapai 4.000 jiwa. 95 Persen rata-rata turis Rusia ke Indonesia pasti mengunjungi Bali.

Konjen Australia di Makassar Resmi Dibuka

Baca juga:

RI-Selandia Baru Persiapkan Rencana Kedatangan John Key
Turis asal China serbu Manado rayakan Cap Go Meh.

Kini Turis Asing Bebas Visa untuk Masuk Sulawesi Utara

Hal ini berlaku efektif mulai 22 Maret 2016.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2016