Demokrat: Hubungan Buruk dengan Indonesia, Brasil Rugi

Warga Brasil memasang bendera Brasil jelang Piala Dunia
Sumber :
  • REUTERS/Lunae Parracho

VIVA.co.id - Keputusan Presiden Brasil, Dilma Rousseff, yang mengembalikan surat kepercayaan Duta Besar RI, Toto Riyanto, pada Jumat kemarin, bisa memperburuk hubungan bilateral kedua negara. Tapi, Brasil yang dirugikan.

"Bila mereka putuskan hubungan dengan Indonesia, mereka akan rugi sendiri," kata anggota Komisi I DPR, Nurhayati Ali Assegaf, saat dihubungi, Sabtu 21 Februari 2015.

Di bidang militer, kata politisi Partai Demokrat itu, Brasil diuntungkan kerjasama dengan Indonesia. Apalagi, hubungan itu baru dimulai.

"Mereka banyak kirim atase pertahanan udara, laut dan sebagainya. Baru pertama Brasil tempatkan atase pertahanan di Indonesia. Hubungan bilateral ini kan saling menguntungkan (resiprokal)," kata Nurhayati.

Menurut Nurhayati, tidak seharusnya surat kepercayaan Dubes itu dikembalikan. Apalagi, Toto saat itu sudah berada di Istana Kepresidenan bersama dengan Dubes negara lainnya.

"Apa yang dilakukan Brasil ini menyalahi konvensi PBB 1961. DPR terus akan lakukan diplomasi," katanya.

Walau sikap tidak etis diperlihatkan Brasil, menurut Nurhayati, tidak boleh mengendurkan sikap pemerintah Indonesia untuk mengeksekusi terpidana narkoba. Salah satu terpidana yang akan dieksekusi adalah dari Brasil. Sebelumnya, WN Brasil juga sudah dieksekusi mati.

"Sikap ini jangan membuat kita mundur, hukum harus ditegakkan dan ini biasa, on-off on-off," kata Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR itu.

Dia mengatakan, tugas Kementerian Luar Negeri untuk bisa memberikan penjelasan kepada pemerintah Brasil soal kebijakan Indonesia ini. Kemlu bisa melakukan pendekatan guna menjelaskan kepada Brasil bahwa ada warga negaranya yang menyalahi hukum di Indonesia, sehingga harus mengikuti hukum yang berlaku. (one)

Wapres: Brasil Menghina, Australia Minta-Minta

Baca juga:

Wapres: Kita Bisa Kurangi Impor dari Brasil
Presiden Bertemu Menlu dan Dubes Indonesia Untuk Brazil di Istana Negara

Brasil Janji Tidak Akan Tolak Surat Kepercayaan Dubes Toto

Hubungan kedua negara sempat terganjal karena isu eksekusi mati.

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2015