Identitas 'Jihadi John' Terungkap

JIhadi John Mohammed Emwazi
Sumber :
  • Daily Mail
VIVA.co.id
ISIS Benarkan Jihadi John Tewas dalam Serangan Udara AS
- Militan bermasker yang menjadi eksekutor ISIS dan mendapat julukan Jihadi John, teridentifikasi sebagai Mohammed Emwazi, seorang sarjana ilmu komputer di Inggris.

Status Pria Ini Pastikan Jihadi John Tewas

Disebut dalam laporan Reuters, Jumat, 27 Februari 2015, militan berusia 26 tahun itu muncul dalam banyak rekaman video propaganda ISIS, sebagai eksekutor yang membunuh para sandera.
Ketakutan, Anggota ISIS Menyamar Jadi Wanita


Nama Emwazi pertama kali disebutkan oleh surat kabar Washington Post. Dua narasumber dari pemerintah Amerika Serikat (AS), membenarkan bahwa Jihadi John diyakini sebagai Emwazi.


Laman Daily Mail menerbitkan satu foto, yang memperlihatkan Emwazi saat masih menjadi pelajar di London. Emwazi lahir di Kuwait dan pindah ke Inggris saat berusia 6 tahun.


Dia memperoleh gelar dalam bidang pemrograman komputer dari Universitas Westminster, sebelum menjadi pusat perhatian dari badan intelijen Inggris MI5, yang pernah mencoba untuk merekrutnya.


Direktur riset yayasan amal Cage, Asim Qureshi, dalam konferensi pers mengatakan Emwazi melakukan perjalanan ke Suriah pada 2012. MI5 belum mengeluarkan komentar tentang Emwazi.


Pemerintah Inggris juga menolak untuk memberi konfirmasi mengenai identitas Emwazi. "Kami tidak membenarkan atau membantah," kata juru bicara PM Inggris David Cameron.


Dikutip dari laporan BBC, Emwazi lahir pada 1988 dan pindah ke Inggris pada 1994. Dia lulus dari Universitas Westminster pada 2009, kemudian melakukan perjalanan ke Tanzania pada Agustus 2009.


Kemudian dia pergi ke Kuwait pada September 2009 dan tinggal bersama keluarga ayahnya. Pada Juli 2010 kembali ke Inggris. Dia mengubah namanya pada 2013 dan berusaha pergi ke Kuwait namun dicekal.


Setelah itu orangtuanya melaporkan bahwa Emwazi hilang. Polisi mengatakan pada keluarganya empat bulan kemudian, bahwa Emwazi sudah berada di Suriah.


Simak Juga:




  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya