Menguak Masa Kecil Algojo ISIS 'Jihadi John'

JIhadi John Mohammed Emwazi
Sumber :
  • SITE

VIVA.co.id - Belakangan ini nama Jihadi John mendadak menjadi sorotan. Ia menjadi perbincangan karena kegiatannya sebagai algojo kelompok Islamic State of Iraq and al Sham (ISIS). Pria ini diketahui bernama asli Muhammad Emwazi.

Media berlomba-lomba untuk mencari informasi tentang pria kelahiran Kuwait ini. Setelah identitasnya terkuak, kini giliran fotonya saat masih tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Westminster, jurusan Sistem Informasi Manajeman Bisnis.

Selama kuliah di universitas tersebut, Emwazi dikenal sebagai mahasiswa teladan. Ia kuiah di tahun 2006 hingga 2009. Dalam foto yang beredar, Emwazi menggunakan topi baseball dan wajahnya penuh dengan jenggot. Fotonya setelah beranjak dewasa ini pertama kali dipublikasikan oleh Sky News.

Seperti dilansir dari Daily Mail, salah satu guru Emwazi menyatakan saat masih tercatat sebagai pelajar, pria asal Kuwait ini dikenal sebagai siswa yang pandai dan rajin.

Saat berusia enam tahun, dalam buku tahunan, ia menuliskan cita-citanya yang ingin menjadi pesepakbola terkenal. "Apa yang saya inginkan saat dewasa adalah menjadi pemain bola," tulisnya. Ia menambahkan di usia 30 tahun, Emwazi ingin dikenal sebagai pesepakbola sukses. Ia ingin menjadi pesepakbola klub Manchester United.

Ayahnya adalah seorang sopir taksi. Dan menurut tetangganya, ia adalah anak yang rajin di sekolah. Salah seorang teman masa kecilnya menyatakan, Emwazi adalah sosok yang pendiam dan sangat menggemari sepakbola serta menyukai warna biru.

Selain itu, ia sangat senang menonton The Simpson, bermain Playstation, dan juga senang menyantap keripik. Ia menggemari kelompok vokal S Club 7. 

Emwazi diduga pindah ke Inggris di saat usianya baru 8 tahun. Dia juga merupakan salah satu alumni terkenal di London, Universitas Westminster. Emwazi berhasil menggondol sarjana ilmu komputer 6 tahun lalu.

Menurut WP, Emwazi diduga menyebrang ke Suriah di tahun 2012 lalu dan bergabung dengan ISIS. Di setiap video eksekusi sandera, Emwazi kerap mengenakan pakaian serba hitam dan penutup wajah. (ren)

Status Pria Ini Pastikan Jihadi John Tewas

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Ketakutan, Anggota ISIS Menyamar Jadi Wanita
JIhadi John Mohammed Emwazi

ISIS Benarkan Jihadi John Tewas dalam Serangan Udara AS

ISIS menuliskan tewasnya John dalam majalah internal mereka.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2016