Jet Tempur Termahal AS Cacat Desain

Jet tempur F-35 varian Angkatan Laut.
Sumber :
  • US Navy
VIVA.co.id
Hingga Membeku, Beginilah AS Menguji F-35
- Sekalipun menyandang status sebagai peralatan tempur modern yang paling mahal, namun pesawat jet tempur F-35 milik Amerika Serikat (AS) ternyata tidak bisa dilengkapi dengan persenjataan tercanggih.

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Itu karena F-35 memiliki cacat pada desainnya. Demikian disebut laman
Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Daily Mail , Minggu, 1 Maret 2015, yang mengutip data dari laporan Inside Defense, bahwa anjungan senjata pada F-35 terlalu kecil.


Bahkan masih terlalu kecil untuk sebuah bom berdiameter kecil (SDB II). Masalah itu ditemukan, setidaknya pada tipe F-35B yang digunakan angkatan laut Inggris pada kapal HMS Queen Elizabeth.


Kementerian Pertahanan Inggris telah memesan 48 unit F-35B, untuk digunakan bersama dua kapal induk baru milik kerajaan Inggris, yaitu HMS Queen Elizabeth dan HMS Prince of Wales.


Sebelumnya F-35B disebut dalam membawa delapan bom, namun dalam kenyataannya hanya empat yang bisa terpasang, di pesawat yang pengembangannya akan menghabiskan biaya lebih dari  £2.5 miliar atau Rp 50 triliun.


F-35B adalah satu dari tiga varian dalam pengembangan F-35, yang bakal menjadi tipe paling mahal serta paling sulit untuk lepas landas. Sehingga akan ada perangkat khusus pada F-35B.


Perangkat berbeda akan memungkinkan F-35B melakukan pendaratan vertikal seperti sebuah helikopter. Juru bicara program pengembangan F-35, Joe DellaVedova, mengatakan F-35 bisa diluncurkan sesuai jadwal.


DellaVedova mengklaim bahwa tudingan cacat desain bukat isu baru bagi Lockheed Martin, perusahaan yang mengembangkan F-35. Dia mengatakan modifikasi akan dilakukan dalam produksi F-35.

Raytheon SDB II

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya