Dua Bali Nine Akan Dieksekusi, Mana 7 Anggota Lainnya?

Scott Rush, Michael Czugaj dan Renae Lawrence
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Ibu Mendiang Bali Nine: Pak Jokowi, Anda Begitu Kejam
- Ada sembilan orang yang dituding terlibat, dalam upaya menyelundupkan obat bius dari Bali ke Australia pada 2005, termasuk Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Itu yang membuat mereka dikenal sebagai gembong Bali Nine.

Indonesia Jamin Tak Ada Hukuman Mati untuk Jessica

Chan dan Sukumaran divonis hukuman mati dan akan dieksekusi Rabu, 4 Maret 2015, setelah 10 tahun berada di penjara Kerobokan, Bali. Lantas bagaimana dengan tujuh orang lainnya?
Datang ke San Fransisco, Jokowi Disambut Unjuk Rasa


Dilansir dari laman
Sydney Morning Herald
, mereka juga ada di Indonesia dan menjalani hukuman penjara seumur hidup. Berikut adalah data-data ketujuh anggota Bali Nine itu:


Matthew Norman, 29 tahun, berasal dari Quakers Hill, Sydney. Dia adalah anggota paling muda Bali Nine. Dia sebelumnya bekerja untuk perusahaan katering Eurest, tempat yang sama di mana Andrew Chan juga bekerja.


Norman kini menjalani hukuman penjara seumur hidup di Kerobokan. Dia telah mengajukan banding dan secara sukarela memulai program pengajaran bahasa Inggris bagi para tahanan lain.


Renae Lawrence, 37 tahun, dari Wallsend, Dia juga bekerja di Eurest. Ketika itu dia tengah patah hati karena putus hubungan dengan pasangannya, serta mengalami masalah keuangan.


Pengadilan menjatuhkan vonis 20 tahun pada perempuan itu, yang kini berada di penjara Bangli, Bali. Lawrence dipindahkan dari Kerobokan pada 2013, karena dituduh terlibat rencana membunuh seorang sipir.




Martin Stephens, 39 tahun, dari Wollongong. Stephens pun bekerja di Eurest dan kini berada di penjara malang, menjalani vonis seumur hidup. Dia telah mengajukan banding atas vonis.


Si Yi Chen, 29 tahun, dari Sydney. Dijatuhi vonis hukuman seumur hidup dan kini berada di penjara Kerobokan. Dia telah mengajukan banding dan berharap hukumannya akan dikurangi menjadi 20 tahun.


Tan Duc Thanh Nguyen, 31 tahun, dari Brisbane. Dia sebelumnya bekerja pada usaha toko roti milik keluarganya. Nguyen yang merekrut Scott Rush dan Michael Czugaj untuk bergabung dalam gembong.


Telah mengajukan banding untuk hukuman penjara seumur hidup yang dijatuhkan padanya. Kini berada di penjara Malang setelah dipindahkan dari Kerobokan pada 2014.


Michael Czugaj, 29 tahun, dari Brisbane. Dia bertemu dengan Rush sejak SMA dan tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri sebelum Bali. Divonis penjara seumur hidup dan mengalami sakit jiwa saat berada di penjara Kerobokan.


Scott Rush, 29 tahun, dari Brisbane. Dia telah mendaftar untuk bergabung dengan Angkatan Udara Australia, sebelum setuju melakukan perjalanan ke Bali, bersama dengan para anggota gembong Bali Nine lainnya.


Rush kini menjalani hukuman penjara seumur hidup di Karangasem, Bali.


Baca Juga :



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya