Di Pelantikan, Presiden Termiskin Dunia Naik Mobil Jadul

Jose Mujica Serahkan Kekuasaanya Kepada Tabare Vazquez
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Pazos
VIVA.co.id
Ini Alasan Presiden Termiskin Dunia Pilih Hidup Sederhana
- Tidak ada kesan mewah yang melekat di diri Jose Mujica, pemimpin yang dijuluki paling miskin sedunia. Pada upacara pelantikan Presiden baru Uruguay, Tabare Vazquez, Mujica tetap memilih untuk menyetir sendiri mobil kesayangannya, Volkswagen Beetle keluaran 1987 berwarna biru.

FOTO: Presiden Termiskin di Dunia Serahkan Kekuasaannya

Dalam foto yang diabadikan oleh
Presiden Termiskin di Dunia Mundur dari Jabatannya
Reuters akhir pekan lalu, terlihat Mujica ingin masuk ke dalam mobil Beetlenya dengan pengamanan dari pengawal.

Mobil itu sudah dimilikinya sejak lama dan selalu menjadi teman setia untuk beraktivitas. Beberapa tahun setelah itu, Mujica menyebut asetnya telah bertambah.

Dia ikut memasukkan separuh aset milik istrinya seperti traktor dan peternakan yang mereka miliki.


Sudah menjadi rahasia umum, Mujica menolak sopir pribadi dan memilih untuk menyetir sendiri mobilnya yang dilansir hanya seharga Rp17 juta.


BBC
edisi Senin kemarin melansir, Mujica kembali menjadi perbincangan ketika mobil itu lah satu-satunya aset yang diklaim dimiliki pria berusia 79 tahun itu dalam daftar asetnya. Walau sudah tergolong mobil jadul, tetapi seorang Syekh Arab pernah menawarinya uang senilai US$1 juta atau setara Rp12 miliar.


Ketika diklarifikasi media, Mujica tidak membantah berita itu. Bahkan kepada majalah mingguan,
Busqueda
, dia menyebut apabila tawaran itu diterima, hasil penjualannya akan disumbangkan untuk membantu masyarakat miskin di Uruguay. Salah satunya, melalui program pembangunan perumahan yang diperuntukkan bagi golongan tunawisma.


Selain Syekh Arab, mobil kesayangan Mujica itu juga pernah dilirik oleh Duta Besar Meksiko.


"Dulu, pernah ada Dubes Meksiko yang menawar mobil saya. Awalnya, saya sedikit terkejut, namun kemudian tidak saya tanggapi secara serius. Tapi kemudian, tawaran lain datang dengan nominal yang lebih besar. Saya berpikir, banyak proyek pembangunan yang bisa terwujud dengan nominal sebesar itu," kata Mujica kepada
Busqueda
.


Kendati dulu dia bergurau enggan menjual mobil itu, namun kini Mujica mengaku dengan senang hati melelangnya.


Mujica meletakan jabatan sebagai Presiden setelah kalah dalam pemilu melawan rivalnya, Tabare Vazquez. Selama menjabat sebagai orang nomor satu di Uruguay, Mujica dikenal menjalani hidup sederhana.


Alih-alih tinggal di Istana Kepresidenan, pasanga suami istri itu lebih memilih tinggal di rumah mereka di pinggiran Ibu Kota Montevideo. Dalam wawancara dengan kantor berita
Reuters
, terlihat seorang Ibu Negara melakukan sendiri pekerjaan rumah tangga tanpa dibantu asisten.


Salah satu kebijakan Mujica yang dianggap kontroversial yakni terkait legalisasi ganja. Uruguay menjadi negara pertama yang berani mengambil kebijakan itu.


Sementara, pengganti Mujica, Vazquez yang bekerja sebagai dokter, mengatakan akan tetap meneruskan kebijakan rekannya itu. Namun, dia akan terus memantau. Jika program itu dianggap menyimpang, maka dokter bedah itu tidak akan segan-segan menghentikannya.



![vivamore="
Baca Juga
:"]







Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya