Layani WNI, KBRI Riyadh Tempuh Jalur Darat 1.100 KM

Gedung KBRI Riyadh
Sumber :
  • www.kemdiknas.go.id

VIVA.co.id - Guna memberikan pelayanan dan perlindungan kepada WNI di Wilayah Utara Kerajaan Arab Saudi, tim KBRI Riyadh telah menempuh jarak darat lebih dari 1.000 kilometer pada tanggal 25-28 Februari 2015.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

“Terjauh adalah kota Sakaka, Provinsi Al Jouf, sebuah provinsi di Arab Saudi yang berjarak kurang lebih 1.100 Km dari Riyadh, yang kami tempuh menggunakan jalur darat,” ujar Ketua Tim Sekretaris Ketiga Chairil Anhar Siregar dalam keterangan tertulis, Rabu 4 Maret 2015.

Selain di Provinsi Al Jouf, tim juga memberikan pelayanan di Kota Arar, Provinsi Perbatasan Utara, yang berjarak kurang lebih 1066 Km dari Riyadh dan Provinsi Hail, berjarak kurang lebih 630 Km dari Riyadh.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Pelayanan yang diberikan meliputi layanan di bidang kekonsuleran seperti pembuatan paspor baru, permohonan visa, pencatatan akta lahir anak, pembagian paspor yang diproses sebelumnya, dan layanan di bidang ketenagakerjaan seperti pembuatan Perjanjian Kerja baru.

Di samping itu, tim juga memberikan pelayanan dalam bentuk lain yaitu penerimaan pengaduan ketenagakerjaan dan konseling bagi TKI yang memiliki kendala dalam pekerjaan dan masalah-masalah lainnya.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Total pelayanan yang telah diberikan sebanyak 93 layanan pembuatan paspor baru, 29 layanan pembuatan perjanjian kerja (kontrak) baru, dan lima pembagian paspor yang telah diproses sebelumnya.

Di samping itu, tim juga telah memfasilitasi tiga pengaduan WNI di Sakaka dan Hail yang memiliki kendala dalam pekerjaan.

Chairil mengatakan, animo WNI untuk hadir sangat tinggi terlihat dari antusiasme yang luar biasa.

“Tercatat, 104 WNI hadir dalam runtutan kegiatan tersebut, yang bila dihitung kehadiran bersama majikannya bisa mencapai 300 orang.” Ujar Chairil.

Antusiasme tinggi itu, kata dia, dapat dimengerti, mengingat pelayanan terakhir ke Provinsi Al Jouf dan Provinsi Perbatasan Utara diadakan sekitar 1,5 tahun yang lalu. Sementara itu, pelayanan ke Provinsi Hail terakhir diadakan 10 bulan yang lalu.

WNI maupun para WNA lainnya yang merupakan sponsor, atau majikan dari para WNI tersebut, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kehadiran tim KBRI dalam memberikan pelayanan tersebut.

“KBRI Riyadh akan selalu hadir bagi WNI di Arab Saudi. Walau masih terasa capek, tetapi dengan senang hati kami melayani para WNI,” kata Chairil. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya