Digigit Panda, Pria Tiongkok Dapat Rp1 Miliar

Panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding Provinsi Sichuan
Sumber :
  • REUTERS/Stringer
VIVA.co.id
Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta
- Seorang pria Tiongkok menuntut pejabat pemerintah lokal karena dianggap lalai dalam menangkap panda liar. Makhluk mamalia yang tergolong masih keluarga beruang itu menggigit kaki sebelah kiri pria bernama Guan Quanzhi pada Maret 2014.

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu

Stasiun berita
Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga
Channel News Asia , Senin, 16 Maret 2015 melansir, akibat gigitan tersebut, Guan terpaksa harus dioperasi selama tujuh jam. Panda itu kabur menuju ke Desa Liziba di bagian barat laut Provinsi Gansu.

Menurut harian
Lanzhou Evening News
, pejabat lokal mencoba menangkap dan mengejar panda yang kabur ke lahan milik Guan.


"Saya melihat seekor panda melompat ke arah saya. Tubuhnya penuh dengan lumpur," ujar Guan ke media.


Panda itu lalu menggigit kakinya dan baru dilepas ketika seorang warga desa menutupi kepalanya dengan sebuah jas. Namun, panda itu tidak berhasil ditangkap.


Atas peristiwa itu, putra Guan menuntut pejabat kehutanan dan Pusat Pemeliharaan Alam Baishuijiang. Di sana merupakan rumah bagi lebih dari 100 panda liar.


Menurut pengacara Guan, Wang Chaohui, pihak pejabat kehutanan bersedia untuk membayar kompensasi senilai 520 ribu Yuan atau setara Rp1 miliar.


Guan mengaku puas dengan nominal ganti rugi itu. Menurut Wang, dana itu dibutuhkan untuk mengganti biaya medis yang telah dan akan dikeluarkannya.


Habitat alam panda besar sebagian besar terletak di bagian barat daya Tiongkok. Mereka diketahui memiliki tingkat reproduksi yang rendah dan berada dalam tekanan karena banyak faktor, salah satunya banyak habitat mereka yang hilang.


Hewan panda diketahui juga menjadi pemasukan besar bagi pariwisata beberapa wilayah di Tiongkok dan untuk Beijing. Bahkan, mereka turut menyewakan panda ke beberapa kebun binatang di luar negeri. (ase)


![vivamore="
Baca Juga
:"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya