Oposisi Brasil Minta Rousseff Diselidiki Skandal Petrobas

Presiden Brasil, Dilma Rousseff.
Sumber :
  • REUTERS/Ueslei Marcelino
VIVA.co.id
Banjir Besar di Brazil, 160 Ribu Orang Mengungsi
- Kubu oposisi Brasil akan meminta Mahkamah Agung menyelidiki keterlibatan Presiden Brasil Dilma Rousseff, dalam skandal korupsi Petrobas yang melibatkan para pejabat pemerintah.

Dubes Toto Serahkan Surat Kepercayaan ke Presiden Brasil

Langkah oposisi itu dilakukan sehari setelah jaksa, menuntut pejabat Partai Pekerja Joao Vaccari, dengan tuduhan korupsi dan pencucian uang. Demikian dikutip dari laman
Brasil Tak Lagi Permasalahkan Hukuman Mati di RI
Reuters , Rabu, 18 Maret 2015.


Vaccari disebut mengetahui, bahwa donasi yang dikumpulkannya untuk partai, merupakan uang suap yang didapat dari Petrobas. Rousseff membantah dia mengetahui korupsi di Petrobas.


Padahal Rousseff menjabat sebagai ketua dewan komisaris Petrobas antara 2003-2010, saat skandal terjadi. Skandal Petrobas telah mendorong sedikitnya satu juta orang turun ke jalan, Minggu, 15 Maret lalu.


Publik Brasil yang kecewa dan menginginkan Rousseff dipecat, dilaporkan terus meningkat seiring dengan memburuknya perekonomian selama masa pemerintahan Rousseff.


Mahkamah Agung menyelidiki 34 politisi partai pendukung Rousseff yang sedang menjabat, termasuk para ketua dua kamar Kongres, atas tuduhan menerima uang suap dari Petrobas.


Sejauh ini Rousseff lolos dari dugaan keterlibatan, namun kubu oposisi akan mendesak agar Mahkamah Agung juga menyelidiki keterlibatannya dalam skandal korupsi Petrobas, yang dilakukan secara masif.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya