Presiden Tunisia: Tidak Ada Belas Kasihan untuk Teroris

Turis mencari tempat berlindung dari serangan pria bersenjata di Museum Tunisia
Sumber :
  • REUTERS/Tunisia TV
VIVA.co.id
Kedubes AS di Tunisia Minta Warganya Berhati-hati
- Presiden Tunisia telah bersumpah untuk memerangi terorisme tanpa belas kasihan, setelah penyerangan Museum Bardo di ibukota Tunis, yang menewaskan 19 orang, pada Rabu, 18 Maret 2015.

Tiga Kali Diserang ISIS, Tunisia Pecat Menteri Pertahanan

Dikutip dari laporan
Kemlu RI Minta WNI Hati-hati di Tunisia
BBC , Kamis, 19 Maret, PM Habib Essid mengatakan sebanyak 17 turis tewas berasal Jepang, Italia, Kolombia, Spanyol, Australia, Polandia, Inggris dan Prancis. Lebih dari 40 orang terluka.


Pasukan keamanan telah menembak mati dua pelaku serangan, namun masih melanjutkan pencarian para tersangka lain yang terlibat. Presiden Beji Caid Essebsi menegaskan, Tunisia kini dalam perang melawan teror.


"Mereka para minoritas buruk itu tidak membuat kita takut," ujarnya dalam pidato yang disiarkan televisi. "Kita akan melawan mereka hingga dasar tanpa belas kasihan."


Beji juga menyebut bahwa demokrasi akan menang dan terus bertahan. Sementara Essid mengatakan bahwa ini merupakan masa kritis bagi sejarah Tunisia, serta masa menentukan untuk masa depan.


Serangan terjadi saat tengah berlangsung pembahasan undang-undang anti-terorisme di gedung parlemen, dekat Museum Bardo. Rakyat Tunisia turun ke jalan, segera setelah insiden, menyampaikan dukungan bagi upaya kontra-terorisme.


Sejumlah pemimpin dunia telah mengeluarkan respon, dengan mengecam penyerangan. Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan AS akan terus berdiri dengan Tunisia, untuk melawan terorisme.


Sementara pemimpin Uni Eropa, Federica Mogherini, turut menyampaikan duka cita pada keluarga para korban, mengatakan bahwa Uni Eropa akan mendukung penuh langkah Tunisia melawan terorisme. (one)


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya