Mengenang Lee Kuan Yew, 7 Kali Terpilih Jadi Perdana Menteri

Kumpulan bunga dan kartu ucapan untuk Lee Kuan Yew
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA.co.id - , mantan perdana menteri Singapura menghembuskan nafas terakhirnya di Singapore General Hospital pada Senin, 23 Maret 2015 pukul 03.18. Lee meninggal di usianya yang ke-91 tahun.

'Ahok, Lee Kuan Yew dari Jakarta'

Lee wafat dengan meninggalkan putra-putrinya, yakni Lee Hsien Loong (63), Lee Hsien Yang (57), Lee Wei Ling (60), dua putri mantu, yaitu Ho Ching dan Lee Suet-Fern, serta tujuh cucu dan dua saudara kandung. Sebelumnya istri Lee, Kwa Geo Choo sudah terlebih dulu meninggal dunia pada 2010 silam di usia 89 tahun.

Seperti mengutip dari BBC, LeeĀ  juga dikenal sebagai figur berpengaruh dalam sejarah Asia. Dia dikenal berhasil mengantarkan Singapura dari negeri bekas jajahan Inggris menjadi negara yang kuat di sektor keuangan dan memiliki pendapatan per kapita tertinggi di dunia.

PM Singapura: Ketika 'Steam Boat' Jadi Kapal Perang

Meskipun aktivitas Lee di panggung politik dan di depan publik terlah berkurang, namun tokoh kelahiran 16 September 1923 itu masih menjadi politikus berpengaruh. Putranya, Lee Hsien Loong sudah menjadi PM Singapura sejak 2004.

Lee Kuan Yew terpilih menjadi perdana menteri pada 1959 dan kembali terpilih menjadi PM untuk ketujuh kalinya berturut-turut hingga mengundurkan diri pada November 1990.

Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew

Dengan demikian, Lee telah memimpin Singapura sebagai perdana menteri selama 31 tahun. Namun, almarhum terus bekerja di pemerintahan sampai tahun 2011.

Kabar meninggalnya Lee memberikan kesedihan yang mendalam bagi Singapura, termasuk dunia.

Lee merupakan salah satu anggota parlemen terlama di dunia. Dia mewakili konstituen dari Tanjong Pagar selama hampir 60 tahun sejak 2 April 1955.

Sebelumnya, kondisi kesehatan Lee Kuan Yew memang terus memburuk sejak dia dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura sejak 5 Februari lalu. Saat itu, dia terpapar infeksi. (umi)

![vivamore="
Baca Juga
:"][/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya