Jokowi: Lee Kuan Yew Tokoh Berpengaruh di Asia

Jokowi Terima Tamu Negara
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Di tengah kunjungannya ke Jepang, Presiden Joko Widodo turut mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya mantan Perdana Menteri Singapura, Lee Kuan Yew. Lee, ujar Jokowi merupakan teman dekat Indonesia.

Demikian isi siaran pers Istana Negara yang diterima VIVA.co.id pada Senin, 23 Maret 2015.

"Dia dikenal sebagai bapak pendiri Singapura modern. Sebagai seorang pemimpin dan negarawan besar yang mencintai rakyatnya, Beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh politik berpengaruh di Asia," tulis Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut, di bawah kepemimpinan Lee, Singapura berhasil mengubah diri menjadi negara penghubung ekonomi utama di kawasan Asia. Bahkan, sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan agar keluarga yang ditinggalkan, pemerintah, bangsa dan seluruh rakyat Singapura diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi suasana kedukaan pada saat ini," imbuh Jokowi.

Dia melanjutkan, pemerintah dan rakyat Indonesia, yakin Singapura dapat melalui masa sulit dan tumbuh berkembang sesuai bangsa serta aspirasi rakyatnya.

Lee tutup usia pada Senin dini hari pada pukul 03.18 waktu setempat di Rumah Sakit Umum Singapura (SGH). Dia dirawat sejak 5 Februari lalu di sana akibat menderita pneumonia akut.

Tidak Akan Ada Lagi Pemimpin Seperti Lee Kuan Yew

Negarawan berusia 91 tahun itu telah memimpin Singapura selama 31 tahun.

Pemerintah Negeri Singa selama satu pekan menyatakan berkabung nasional. Lee rencananya akan dikremasi pada Minggu esok.

Belum diperoleh keterangan resmi apakah Jokowi turut hadir ke Singapura usai lawatan kenegaraan dari Jepang dan Tiongkok. (umi)

Lee Kuan Yew Ingatkan agar Pejabat Bersih dari Korupsi
![vivamore=" Baca Juga
PM Lee: Ini Pekan yang Gelap bagi Singapura
:"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya