3 Pimpinan Dunia Datangi Lokasi Jatuhnya Pesawat Germanwings

Lokasi yang diduga tempat jatuhnya pesawat germanwings
Sumber :
  • Twitter/Airlivenet

VIVA.co.id - Presiden Prancis Francois Hollande dan Kanselir Jerman Angela Merkel tiba di kawasan terpencil pegunungan Alpen, Prancis. Mereka diketahui mendatangi lokasi kecelakaan pesawat Airbus A320 Germanwings, anak perusahaan maskapai Lufthansa yang terjadi kemarin.

Asuransi Tuntut Nasabah Bayar Kerugian

Melansir kantor berita Reuters, Rabu 25 Maret 2015, kedua pemimpin negara itu terbang di atas jurang terdekat, di mana pesawat yang membawa 150 penumpang dan kru itu terjatuh.

Menurut kantor Hollande, PM Spanyol Mariano Rajoy, kemudian turut bergabung dengan mereka di desa Seyne-les-Alpes, markas operasi pencarian.

Sebelum Tewas, Kopilot Germanwings Sempat Temui 41 Dokter

Pihak berwenang Spanyol, mengatakan 49 warganya juga menjadi korban tragedi nahas tersebut.

Hollande, Rajoy, dan Merkel tampak mengucapkan terima kasih kepada tim pencari dan akan bertemu keluarga, serta para kerabat korban. Upacara penghormatan sederhana juga rencananya akan dilaksanakan pada hari yang sama.

Upacara akan berlangsung di dekat markas operasi pencarian dengan pemandangan gunung di kejauhan yang menjadi lokasi kecelakaan. Pihak berwenang Prancis mengatur penyelenggaraan upacara tersebut untuk memberi keluarga gambaran daerah, di mana orang yang mereka cintai meninggal dunia.

Penyebab kecelakaan belum diketahui

Sebelumnya, Lufthansa mengungkapkan pihaknya masih belum mengetahui penyebab jatuhnya pesawat.

Tim investigasi mengatakan bahwa lokasi kecelakaan yang terpencil membuat mereka membutuhkan waktu berhari-hari untuk mendapatkan gambaran jelas tragedi mengerikan itu.

Namun, mereka mengungkapkan fakta bahwa puing-puing pesawat terbatas pada wilayah kecil menunjukkan A320 tidak mungkin meledak di udara, menunjukkan pesawat tidak mengalami serangan teroris.

"Hal ini tidak bisa dijelaskan. Ini bisa terjadi pada pesawat tanpa masalah teknis dengan pilot Lufthansa yang berpengalaman dan terlatih," kata kepala eksekutif Lufthansa, Carsten Spohr pada awak media di Frankfurt.

Lufthansa mengatakan pesawat berusia 24 tahun itu memang sempat diperbaiki di bagian roda hidung yang turun ketika mendarat. Namun, seorang juru bicara mengatakan hal tersebut tidak terkait dengan keamanan, melainkan dilakukan untuk mengurangi kebisingan.

Polisi dan tim forensik tengah menyelidiki lokasi jatuhnya pesawat, yakni sekitar 100 meter sebelah utara dari Nice, di mana pesawat turun dalam perjalanan dari Barcelona ke Dusseldorf.

"Ketika kita pergi ke lokasi kecelakaan, kita berharap untuk menemukan bagian dari badan pesawat. Tetapi, di sini kita tidak melihat apa-apa," kata Xavier Roy, koordinator operasi udara.

Roy mengatakan, tim investigasi sampai ke lokasi kecelakaan dengan menaiki helikopter. Mereka bekerja bersama-sama menggunakan tali di ketinggian sekitar dua ribu meter.

Ia juga menambahkan bahwa akan memakan waktu setidaknya satu minggu untuk mengumpulkan seluruh korban. (asp)

Prancis Buka Penyelidikan Terhadap Jatuhnya Germanwings

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya