Pilot Germanwings Terkunci di Luar Kokpit

Pesawat maskapai Germanwings
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender
VIVA.co.id
Asuransi Tuntut Nasabah Bayar Kerugian
- Pertanyaan mengapa pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings, jatuh di tengah cuaca yang cerah, penyelidik mengungkap adanya indikasi pilot berada di luar kokpit sebelum tragedi.

Sebelum Tewas, Kopilot Germanwings Sempat Temui 41 Dokter

Dilansir oleh
Prancis Buka Penyelidikan Terhadap Jatuhnya Germanwings
Sydney Morning Herald , Kamis, 26 Maret 2015, bukti dari rekaman suara kokpit (CVR), mengindikasikan bahwa salah satu pilot meninggalkan kokpit dan tidak dapat kembali masuk.


Pesawat milik penerbangan murah Germanwings yang merupakan anak perusahaan Lufthansa, itu jatuh di pegunungan Alpen bersama 150 orang dalam pesawat, Selasa, 24 Maret 2015.


Seorang pejabat militer Prancis yang terlibat dalam penyelidikan, menggambarkan adanya percakapan yang sangat mulus dan tenang diantara para pilot, pada awal penerbangan dari Barcelona ke Dusseldorf.


Rekaman suara memberikan sejumlah petunjuk, tentang situasi sebelum jatuhnya pesawat, namun juga meninggalkan banyak pertanyaan tak terjawab. Seperti mengapa salah satu pilot harus ke luar kokpit.


Pertanyaan berikutnya adalah mengapa pilot di dalam kokpit tidak membukakan pintu, atau menjawab pilot yang berada di luar. Rekaman memperdengarkan bahwa satu pilot meninggalkan kokpit, lalu terkunci di luar.


"Pilot di luar, mengetuk pintu (kokpit) perlahan dan tidak ada jawaban (dari dalam). Lalu dia mengetuk pintu lebih keras dan tidak ada jawaban. Tidak pernah ada jawaban. Anda dapat mendengar dia berusaha mendobrak pintu," ucap penyelidik.




![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya