Misteri Terkuncinya Pintu Kokpit dalam Tragedi Germanwings

Puing pesawat Germanwings ditemukan
Sumber :
  • REUTERS via Reuters TV/Pool
VIVA.co.id
Asuransi Tuntut Nasabah Bayar Kerugian
- Penyelidik tragedi jatuhnya pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings, mengungkap temuan bahwa seorang pilot terkunci di luar kokpit, sebelum pesawat jatuh di pegunungan Alpen, Selasa, 24 Maret 2015.

Sebelum Tewas, Kopilot Germanwings Sempat Temui 41 Dokter

Seorang pilot Australia yang dikutip Sydney Morning Herald, Kamis, 26 Maret 2015, mengatakan pintu kokpit Airbus A320 yang terkunci dapat dibuka dari luar, menggunakan kode darurat di papan tombol.
Prancis Buka Penyelidikan Terhadap Jatuhnya Germanwings


Jika pilot yang menerbangkan pesawat mengalami kondisi tertentu, pintu dapat terbuka secara otomatis beberapa saat setelah kode yang tepat diberikan. Sebaliknya pilot di dalam kokpit dapat memblokir akses masuk.


Apabila pilot dalam kokpit bereaksi sebelum pintu terbuka, setelah kode darurat dimasukkan, maka pintu tidak akan terkunci. "Jika orang di dalam mengatakan 'tidak', maka Anda tidak dapat masuk," kata pilot Australia itu.


Fakta itu seakan menepis dugaan bahwa pilot dalam keadaan tidak sadar, karena untuk menghalangi dibukanya pintu menggunaan kode keamanan, pilot dalam kokpit harus melakukan sesuatu.


Rekaman suara kokpit mengungkap, pilot di luar kokpit berusaha untuk mendobrak pintu. Menurut pilot Australia yang dikutip SMH, pintu kokpit sangat terlindung dan sulit dibuka paksa, bahkan jika dilakukan banyak orang.


Di Amerika Serikat (AS), banyak maskapai memiliki kebijakan "dua dalam kokpit". Artinya jika salah satu pilot harus keluar, misal untuk ke toilet, maka seorang pramugara atau pramugari harus masuk ke kokpit.


Misteri terkuncinya pintu kokpit Germanwings, mengingatkan pada beberapa kasus bunuh diri pilot. Salah satunya dalam tragedi maskapai Mozambik, LAM, yang jatuh di Namibia pada 2013.


Pada tragedi itu, kapten pilot mengarahkan pesawat untuk jatuh, segera setelah kopilot keluar dari kokpit. Pada 1997, pilot pesawat Silkair juga diduga melakukan aksi bunuh diri, dalam penerbangan dari Jakarta ke Singapura.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya