Pesawat Germanwings yang Jatuh Sudah Usang

Pesawat maskapai Germanwings
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Asuransi Tuntut Nasabah Bayar Kerugian
- Lufthansa mengakui bahwa pesawat Airbus A320 yang dioperasikan anak usahanya, maskapai penerbangan murah Germanwings, saat jatuh di pegunungan Alpen, telah berusia 24 tahun.

Sebelum Tewas, Kopilot Germanwings Sempat Temui 41 Dokter

Dikutip Daily Mail, Kamis, 26 Maret 2015, Lufthansa mengakui bahwa pesawat itu belum pernah diremajakan, namun sudah hampir mencapai batas masa maksimal penggunaannya.
Prancis Buka Penyelidikan Terhadap Jatuhnya Germanwings


Pada laporan milik Lufthansa, terungkap bahwa pesawat Airbus A320 mencapai batas usia pemakaian, setelah menjalani 60.000 jam terbang atau 48.000 kali pendaratan dan lepas landas.


Sementara Airbus A320 bernomor penerbangan 4U 9525 yang jatuh dalam penerbangan dari Barcelona ke Dusseldorf, Selasa, 24 Maret 2015, telah mencapai 58.313 jam terbang serta 46.748 kali mendarat dan lepas landas.


Pesawat yang diperpanjang masa pakainya, harus melalui pemeriksaan perawatan ketat. Itu termasuk melepas semua bagian mesin, serta pemeriksaan menyeluruh badan pesawat.


Sekalipun dengan fakta tentang kondisi pesawat itu, namun pesawat Germanwings jatuh saat cuaca dalam kondisi cerah. Rekaman suara kokpit, telah mengungkap situasi yang terjadi sebelum jatuhnya pesawat.


Penyelidik jatuhnya pesawat mengatakan, rekaman mengungkap bahwa seorang pilot terkunci di luar kokpit. Belum diketahui mengapa pilot dalam kokpit, tidak membukakan pintu dan tidak menjawab panggilan.

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya