Ini Sapaan Khusus Menhan RI Kepada Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew dan Kwa Geok Choo
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Tidak Akan Ada Lagi Pemimpin Seperti Lee Kuan Yew
- Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu pada hari ini berkunjung ke Kedutaan Besar Singapura di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan untuk mengisi buka duka mendiang Lee Kuan Yew. Saat ditemui wartawan di gedung Kedutaan, Kamis, 26 Maret 2015, Ryamizard memiliki banyak kenangan khusus dengan pendiri negara Singa itu.

Lee Kuan Yew Ingatkan agar Pejabat Bersih dari Korupsi

Perwira tinggi Angkatan Darat itu mengaku telah bertemu dan dipanggil Lee sebanyak lima kali ketika berkunjung ke Jakarta.
PM Lee: Ini Pekan yang Gelap bagi Singapura


"Pertemuan itu bukan menyangkut beliau tetapi membahas urusan Angkatan Darat setiap ada pelatihan dan pertemuan," ujar Ryamizard.


Bahkan, setiap kali berkomunikasi, keduanya berbicara intens dan blak-blakan. Namun, ketika berkomunikasi Ryamizard memilih menggunakan Bahasa Indonesia, karena kemampuan Bahasa Inggrisnya yang terbatas.


"Dia bercerita kepada saya: 'Ryamizard, saya hanya berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan dua orang yaitu kamu dan Pak Harto," kata dia mengenang kembali kalimat Lee.


Kendati menjabat sebagai orang nomor satu di Singapura, Lee tidak mempermasalahkan jabatan Ryamizard atau kemampuan bahasa Inggrisnya ketika itu. Di mata Ryamizard, Lee merupakan sosok yang rendah hati.


"Beliau menyilakan saya untuk berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia," imbuhnya.


Saking eratnya komunikasi antara Lee dan Ryamizard,  ayah PM Lee Hsien Loong itu sampai kerap kali menunjukkan orang-orang yang perlu diwaspadai. Dia pun juga kerap memberi masukan untuk Ryamizard. "Setiap kali berbicara, kami selalu jujur dan nyambung," kata dia.


Saking akrabnya, Ryamizard menyapa Lee dengan sebutan Pak Le. Lagi-lagi Lee tidak keberatan dipanggil seperti itu oleh Ryamizard.


"Jadi, setiap kali bertemu saya selalu memanggil beliau Pak Le," tuturnya.


Lee wafat di usia 91 tahun pada hari Senin dini hari kemarin. Dia tutup usia akibat menderita pneumonia akut.




![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya