4.000 Lebih WNI Masih Terjebak di Yaman

Militan yang setia pada Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi
Sumber :
  • REUTERS/Nabeel Quaiti
VIVA.co.id -
13-12-1982: 2.900 Warga Yaman Tewas Akibat Gempa
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhi Purdijatno mengatakan ada 4.159 warga negara Indonesia (WNI) yang masih ada di Yaman. Sementara itu, 148 sudah dievakuasi kembali ke Tanah Air.

AS-Arab Saudi Sepakat Dukung Zona Aman di Suriah dan Yaman

WNI yang ada di Yaman, kata Tedjo, sudah ada yang melindungi. Kementerian Luar Negeri dan TNI sudah dikerahkan untuk memberi bantuan.

"Kedubes sudah mengupayakan untuk bisa keluar dari Yaman dan TNI AU sudah menyiapkan untuk membantu WNI yang akan keluar dari Yaman karena ada beberapa juga yang masih melindungi mereka," ujar Tedjo, di Istana Negara, Jakarta, Senin, 30 Maret 2015.

Kata Tedjo, evakuasi dilakukan agar WNI tidak berada di negara yang kini tengah berkonflik itu. WNI ini, kata Tedjo, diharapkan bisa keluar dan berada di negara-negara sekitar Yaman mencari perlindungan.

Begitu juga dengan 124 WNI lainnya, yang diperkirakan ikut terjebak. Tedjo mengatakan saat ini pihak KJRI masih terus melakukan pendalaman.

"Tapi bagaimanapun akan berupaya untuk mengevakuasi WNI yang masih terjebak di Yaman," ujar Tedjo.

Serangan udara terhadap Yaman yang dilakukan oleh Saudi masih terus berlangsung. Pada Kamis malam kemarin, jet tempur Saudi kembali menyasar beberapa posisi tempat kelompok pemberontak Houthi bersembunyi. Antara lain di ibukota Sana'a dan pangkalan udara dengan kota pelabuhan Aden.

Laporan menyebut dalam serangan itu juga jatuh korban rakyat sipil. Pertempuran juga terjadi di Aden antara pasukan yang loyal terhadap Hadi dan para pemberontak.

Arab Saudi berdalih langkah mereka menyerang Houthi untuk mempertahankan pemerintahan yang sah dari Hadi.

![vivamore="
17 Tentara Yaman Disandera dan Dieksekusi Militan Bersenjata
Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya