Diplomat Jepang Kagum Orang Indonesia Gampang Senyum

Festival budaya Jepang dan Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
VIVA.co.id
Setiap Tahun Ribuan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Jepang
- Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yusuke Shindo, mengaku kagum dengan budaya dan kebiasaan warga RI yang kerap tersenyum, walau ke orang asing. Hal tersebut dia rasakan sendiri, ketika bertemu warga Indonesia di pinggir jalan ibukota.

Jepang Janjikan Indonesia Program Promosi Khusus

Demikian ungkap Shindo, yang ditemui di kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis malam. Hal tersebut tak akan dia temui ketika berada di Jepang.
Bicarakan Laut China, Indonesia Atur Pertemuan dengan Jepang


"Orang-orang Indonesia yang saya temui mereka kerap tersenyum dan melambaikan tangan. Padahal, saya tak mengenal mereka. Sementara, orang-orang Jepang tidak mudah tersenyum, apalagi kepada orang asing," kata Shindo.


Warga Jepang, Shindo melanjutkan, lebih memilih menghabiskan waktu untuk membaca ketika berada di tengah jalan ketimbang mengajak berbicara orang yang ada di sampingnya atau tersenyum. Oleh sebab itu, dia mengaku akan merindukan senyum dan keramahan orang Indonesia.


Shindo rencananya akan dipindahtugaskan ke Jenewa, Swiss, untuk menempati posisi baru sebagai Deputi Wakil Tetap Jepang di PBB. Sebelumnya, dia telah bertugas di Indonesia selama 2,5 tahun. Hal lain yang diakuinya akan membuat dia rindu yakni kemacetan di Indonesia. (ren)



![vivamore="Baca Juga :"]



[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya