Prancis Jajaki Peluang Kerja Sama dengan Makassar

Ilustrasi bendera Prancis
Sumber :
  • REUTERS/Jean-Paul Pelissier

VIVA.co.id - Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corinne Breuze, sejak Senin kemarin melakukan kunjungan resmi ke Makassar, Sulawesi Selatan. Kunjungan ini dilakukan kali pertama oleh pejabat tinggi Prancis dalam 15 tahun terakhir.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kedutaan Prancis di Jakarta, Vignal Gaspard yang dihubungi VIVA.co.id pada Senin, kemarin. Dalam penjelasannya, Gaspard menyebut, Breuze tidak hanya didampingi oleh staf diplomat, melainkan juga delegasi pengusaha perusahaan Prancis.

"Dalam kunjungan itu, Dubes Breauze akan bertemu dengan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Wali Kota Makasar, Ramdhan Pomanto, Kapolda Sulawesi Selatan, Anton Setiadji, dan Panglima Komando Daerah Militer VII, Mayor Jenderal TNI Bachtiar. Intinya, ini merupakan kunjungan kehormatan pertama agar bisa memperoleh kontak dengan otoritas di sana," ungkap Gaspard.

Dia menjelaskan, Makassar dinilai sebagai salah satu kota yang berkembang pesat. Tetapi, juga memiliki beberapa permasalahan.

"Oleh sebab itu, kami ingin tahu peluang dan kesempatan apa saja yang bisa dimaksimalkan di Makassar bagi kedua negara bisa bekerja sama lebih lanjut dan berinvestasi," kata dia.

Selain bertemu dengan para pejabat pemerintah, Breuze juga akan menemui perwakilan dari PT Pelindo IV dan PT Angkasa Pura I. Ditanya lebih jauh mengenai kemungkinan kerja sama di bidang infrastruktur pelabuhan atau bandara, karena dua institusi itu ikut diajak bertemu, Gaspard menepis hal tersebut.

"Semua masih dalam tahap penjajakan. Pelindo IV dan Angkasa Pura I memang sudah menyatakan minat untuk bekerja sama, tapi belum tahu di bidang apa," kata dia.

Berniat Wisata ke Prancis, Intip Berbagai Kemudahannya

Kunjungan tersebut akan berlangsung hingga Rabu, besok. (art)

![vivamore="
Insiden Rasisme dan Anti-Islam Pecah di Prancis
Baca Juga :"]
Prancis Anugerahkan Medali Kehormatan Bagi Nafsiah Mboi





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya