Bidik Turis Indonesia, Thailand Siapkan Restoran Halal

Prosesi Makha Bucha Thailand
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj
VIVA.co.id
Thailand Sayangkan Peringatan Kedutaan soal Referendum
- Pemerintah Thailand kini tengah gencar menarik turis asal Indonesia. Menyadari sebagian besar warga Indonesia beragama Islam, maka Thailand mengaku telah menyiapkan beragam restoran halal untuk para wisatawan.

Tiga Alasan Thailand Jadi Tujuan Wisata Favorit Dunia

Upaya negeri Gajah itu disampaikan secara khusus Direktur Otoritas Pariwisata Thailand, Nithee Seeprae, kepada
Ini Pria di balik Penampakan Peta Google Street View
VIVA.co.id ketika ditemui di Jakarta,  Selasa.
"Menu makanan yang disajikan di sana merupakan makanan Thailand, namun dengan chef yang paham bagaimana memasak makanan halal," ujar Nithee.


Ditanya mengenai tujuan favorit warga Indonesia ketika berkunjung ke Negeri Gajah Putih itu, Nithee mengatakan Bangkok dan Pattaya. Turis Indonesia, Nithee menjelaskan, lebih menyukai kunjungan ke daerah-daerah modern.


Total kunjungan wisatawan Indonesia ke Bangkok kerap mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sebelum Asosiasi Pariwisata Thailand memiliki kantor di Indonesia, jumlah kunjungan turis Indonesia ke Negeri Gajah Putih hanya mencapai 200 ribu orang. Itu angka lima tahun lalu.


Tetapi, setelah organisasi itu hadir di Indonesia di tahun 2010, tahun pertama sudah dirasakan ada peningkatan. Bahkan, hingga 100 persen.


"Di tahun 2013, peningkatannya bahkan mencapai 600 ribu orang," imbuh dia.


Namun, angka tersebut mengalami penurunan tahun lalu, lantaran di Thailand tengah dirundung konflik domestik.


"Tahun 2014 lalu memang ada penurunan ke angka 500 ribu turis, karena memang ada sedikit isu di negara kami," ujarnya.


Dia berharap, usai kondisi di Thailand kembali stabil, makin banyak turis yang berkunjung ke Thailand. Jumlah turis asal Indonesia, diakui Nithee, memang belum sebanyak dari negara Asia lainnya.


Dari angka 25 juta per tahun turis yang berkunjung ke Thailand, turis Indonesia hanya mencapai lima persennya. Di posisi teratas dipegang oleh Tiongkok yang memiliki empat juta turis. Sementara, Malaysia sebanyak 3 juta, kemudian disusul India dan Korea Selatan, yang berjumlah masing-masing satu juta.


Sementara terkait persiapan menjelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di akhir tahun ini, Nithee berencana akan ada pertukaran ilmu mengenai cara promosi pariwisata dan bermitra dengan negara-negara ASEAN untuk meningkatkan kunjungan turis.


"Kami juga menginginkan, selain pariwisata, Thailand bisa menjadi pintu gerbang bagi negara-negara ASEAN terhubung dengan negara di Eropa dalam segi bisnis," kata dia.



![vivamore="
Baca Juga
:"]






[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya