Kebakaran Pabrik Kimia, 30.000 Orang Dievakuasi

Kebakaran pabrik kimia di China, 7 April 2015.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus
- Hampir 30.000 orang yang tinggal dekat pabrik kimia Zhangzou yang terbakar, di Fujian, Tiongkok, dievakuasi sebelum akhirnya api berhasil dipadamkan setelah 50 jam, Kamis, 9 April 2015.

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama

Laman
Tim Hukum Prabowo Sebut Amicus Curiae MK Bentuk Intervensi Peradilan
Business Times menyebut, kebakaran terjadi di pabrik yang memproduksi paraxylene, bahan kimia yang dikenal sebagai PX dan digunakan dalam pembuatan kain.


Kebakaran yang pertama kali dilaporkan terjadi pada Senin malam, 6 April, berhasil dipadamkan pada Selasa malam, 7 April. Tapi, dua tangki penyimpanan kembali meledak, Rabu, 8 April.


Kantor berita
Xinhua
menyebut total 29.096 orang dievakuasi dari sekitar pabrik. Enam orang terluka di pabrik yang berada pada Provinsi Fujian, tercatat sebagai kecelakaan kedua dalam dua tahun terakhir.


Lebih dari 800 pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengendalikan kebakaran. Rencana pembangunan pabrik-pabrik yang memproduksi PK, telah memicu aksi protes pada beberapa kota di Tiongkok.


Bahan kimia cair bersifat karsinogen yang mudah terbakar itu, dikhawatirkan berbahaya dan menimbulkan gangguan kesehatan bagi warga yang tinggal di sekitar pabrik.


Pabrik Zhangzhou sebelumnya akan dibangun dekat kota Xiamen, tapi dipindahkan ke lokasi saat ini setelah ribuan orang menggelar aksi protes pada 2007. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya