Para Ulama Indonesia Dukung Serangan Arab Saudi ke Yaman

Serangan Udara Saudi Hancurkan Rumah Warga di Yaman
Sumber :
  • REUTERS/Khaled Abdullah

VIVA.co.id - Para Ulama Indonesia menyatakan dukungan terhadap serangan Arab Saudi terhadap kelompok Houthi di Yaman. Hal itu disampaikan dalam keterangan pers pada Sabtu 11 April 2015.

13-12-1982: 2.900 Warga Yaman Tewas Akibat Gempa

Bertempat di kediaman Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa Ibrahim Al-Mubarok yang berada di Menteng, Jakarta Pusat, para ulama Indonesia mengungkapkan dukungannya.

Salah satu perwakilan dari ulama Indonesia, Maman Abdurrahman yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Islam (Persis) mengaku sangat khawatir terhadap keamanan dan ketertiban di Yaman.

AS-Arab Saudi Sepakat Dukung Zona Aman di Suriah dan Yaman

"Maka sudah selayaknya, negara tetangga dalam hal ini Arab Saudi untuk melindungi Yaman," kata Maman.

Lebih lanjut, ia mengatakan, namun tetap hal utama adalah perdamaian. Namun, jika kata Ishlah tak menemui hasil maka tindakan dapat dilakukan. Ironisnya, serangan ke Yaman ini tak hanya merenggut nyawa tak berdosa tapi juga merusak ekonomi dan keamanan.

17 Tentara Yaman Disandera dan Dieksekusi Militan Bersenjata

Hal senada diungkapkan Imam Besar mesjid Istiqlal, Ali Mustofa Ya’qub. Ia mengatakan bahwa umat muslim di Indonesia mendukung terhadap apa yang dilakukan kerajaan Arab Saudi. Bahkan ia mengklaim Al-quran juga membenarkan atas tindakan yang telah dilakukan Arab Saudi.

"Yang mengatakan, jika ada kelompok yang memberontak terhadap pihak lain, maka damaikanlah, tapi kemudian jika tidak mau berdamai, maka kemudian perangilah kelompok yang tidak mau berdamai,” kata Ali Mustofa.

Kemudian Ali mengatakan, di dalam hadits telah tersirat jika ada umat di agama mu yang menzalimi dan dizalimi, maka kewajiban untuk menolong yang dizalimi. "Ini adalah bagian dari menolong dari yang dizalimi."

Lalu, dari Majelis Ulama Indonesia, Cholil Ridwan mengatakan bahwasanya ini terkait juga dengan ideologi. Houthi dengan ideologi Syiah dan ideologi muslim di Indonesia sama dengan Yaman dan Arab Saudi.

"Arab Saudi juga merupakan kampung kita yag kedua, maka kita harus mendukung Arab Saudi," kata Cholil.

Namun beberapa ulama ini juga tetap menyayangkan dengan timbulnya korban jiwa dari rakyat sipil yang tak berdosa. Para ulama ini mewakili umat muslim di Indonesia juga mengucapkan bela sungkawa akibat korban yang ditimbulkan.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya