Jepang Revisi Panduan Pertahanan Hadapi China

Kapal Induk Amerika Serikat, USS Nimitz.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
China Kirim Kapal ke Wilayah Sengketa, Jepang Galau
- Jepang dan Amerika Serikat (AS) akan menyertakan referensi eksplisit, untuk pertahanan pulau-pulau Jepang di wilayah yang berjauhan, dalam panduan kerja sama keamanan baru seiring meningkatnya pembangunan militer China.

Buku Putih Pertahanan Jepang Bikin China Meradang

Yomiuri Shimbun dalam laporan yang dikutip
China Geram G7 Ikut Campur Masalah Laut China Selatan
Reuters , Selasa, 14 April 2015, menyebut Jepang telah meminta adanya revisi, termasuk komitmen yang tegas dari pasukan AS, saat terjadi serangan pada pulau-pulau Jepang.


Tokyo saat ini terlibat konflik dengan Beijing, atas kepulauan di Laut China Timur yang diberi nama Senkaku oleh Jepang, sedangkan oleh China disebut Diaoyu.


Kedua negara diharapkan bakal mengumumkan kesepakatan, atas panduan hasil revisi pada akhir April. Presiden AS Barack Obama dijadwalkan bertemu PM Jepang Shinzo Abe di Washington, pada 28 April mendatang.


Obama sebelumnya telah mengatakan, kepulauan yang dikuasai Jepang termasuk dalam perjanjian keamanan bilateral, yang mewajibkan AS untuk mendukung pertahanan Jepang.


Menhan AS, Ash Carter, menegaskan komitmen itu pekan lalu, pada pertemuan dengan Menhan Jepang Nakatani di Tokyo. Namun, Washington juga telah menegaskan, tidak ingin terseret ke dalam konflik Sino-Jepang.


Kapal-kapal patroli dan pesawat jet milik Jepang dan China, saling membayangi di sekitar kepulauan tak berpenghuni itu, meningkatkan kekhawatiran bahwa konfrontasi akan meningkat menjadi benturan. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya