Hadiri KAA, Para Pemimpin Dunia Mulai Tiba di Jakarta

Presiden Iran, Hassan Rouhani tiba di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id
RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain
- Beberapa pemimpin dunia mulai menjejakkan kaki di Jakarta pada Selasa malam untuk menghadiri pertemuan tingkat kepala negara peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Selatan. Pertemuan tingkat kepala negara rencananya akan diadakan pada Rabu pagi dan dipimpin secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Dari beberapa foto jepretan kantor berita
Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah
Antara , beberapa pemimpin dunia yang telah tiba antara lain Presiden Iran, Hassan Rouhani, Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, dan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Selain keempat pemimpin tersebut, diprediksi akan ada 17 kepala negara lainnya yang menghadiri kegiatan pada Rabu dan Kamis esok.


Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan di antara 21 pemimpin negara tersebut terdapat Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan dua raja yakni berasal dari Swazilan dan Yordania. Dalam pembahasan tingkat kepala yang digelar hari Rabu ini, mereka akan berdiskusi mengenai ketiga dokumen hasil KAA. Ketiga dokumen sebelumnya telah dibahas di tingkat pejabat senior (Senior Official Meeting) dan Menteri Luar Negeri.


Ketiga dokumen tersebut terdiri dari pesan Bandung terdiri dari 41 butir kesepakatan, deklarasi Palestina yang terdiri dari 15 butir, dan kemitraan strategis baru Asia Afrika (NAASP) sebanyak 32 butir.


Jika berhasil dicapai kesepakatan dalam dua hari itu, maka para pemimpin negara akan mengumumkannya di Bandung pada 24 April 2015. Mereka pun turut melakukan peringatan 60 tahun KAA dengan napak tilas dari Hotel Savoy menuju ke Gedung Merdeka.


Terkait dengan transportasi menuju ke Bandung, Arrmanatha mengatakan sejauh ini semua pemimpin negara akan menggunakan pesawat untuk ke sana. Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Pandjaitan mengatakan Presiden Jokowi bersama dua pemimpin negara lainnya akan menempuh jalur darat.


Kedua pemimpin negara tersebut yakni Presiden Tiongkok, Xi Jinping, dan Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. Arrmanatha menjelaskan dengan menggunakan pesawat terbang justru jauh lebih efektif dan cepat. (one)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya