Pemimpin Dunia Peserta KAA Tiba di JCC

Jokowi Buka Forum Bisnis Asia Afrika
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro
VIVA.co.id
RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain
- Para pemimpin dunia dari negara Asia Afrika mulai berdatangan di lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC) pada Rabu, 22 April 2015. Dari pantauan
VIVA.co.id
Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme
, lebih dari 10 pemimpin dunia telah tiba di JCC dan disambut secara langsung oleh Presiden Joko Widodo.
Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah

Mereka antara lain Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong, PM Kamboja, Hun Sen, PM Bangladesh, Sheikh Hasina, PM Jepang, Shinzo Abe, Presiden Tiongkok, Xi Jinping, Ketua Presidium Majelis Rakyat Agung Korea Utara, Kim Yong Nam, Presiden Iran dan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. Acara KAA ini menjadi penting, karena kegiatan pertama skala internasional di era Presiden Joko Widodo.


Usai disambut Jokowi, para pemimpin dunia itu diantar ke ruang Plenary Hall untuk dimulai pertemuan tingkat tinggi KAA. Menurut informasi, akan ada 21 pemimpin negara yang hadir di peringatan 60 tahun KAA.


Dua pemimpin negara yaitu Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma dan Presiden Sudan, Omar Hassan al-Bashir membatalkan kehadiran mereka di menit-menit terakhir.


Dalam pertemuan hari ini, rencananya para pemimpin dunia akan membahas tiga dokumen yaitu Pesan Bandung, kemitraan strategis baru Asia Afrika, dan deklarasi dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina. Ketiga dokumen itu sebelumnya telah dibahas di tingkat pejabat tinggi senior (
Senior Official Meeting
) dan menteri luar negeri.


Usai memimpin sidang, Jokowi juga akan disibukkan dengan enam pertemuan bilateral yakni dengan Jepang, Yordania, Pakistan, Singapura, para pemimpin negara Organisasi Kerja Sama Islam, dan Tiongkok. Hasil dari ketiga dokumen itu akan diumumkan pada Jumat, ketika dilakukan peringatan 60 tahun KAA.


Para pemimpin dunia rencananya melakukan napak tilas dari Hotel Savoy menuju Gedung Merdeka di Bandung. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya