Pemimpin Dunia Napak Tilas KAA ke Gedung Merdeka Bandung

Defile bendera negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika Gedung Merdeka
Sumber :
  • REUTERS/AACC2015/Widodo S. Jusuf/Handout

VIVA.co.id - Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA)  memasuki puncaknya pada hari ini. Pagi ini para pemimpin dunia telah tiba di Bandung untuk melakukan napak tilas dengan berjalan dari Hotel Savoy Homann menuju ke Gedung Merdeka.

Kegiatan serupa juga dilakukan tahun 1955 silam ketika KAA digelar dan dipimpin oleh Presiden Sukarno. Kini 60 tahun kemudian kegiatan itu kembali dilakukan.

Menurut informasi yang diperoleh VIVA.co.id total akan ada 22 pemimpin negara yang mengikuti kegiatan napak tilas menuju ke Gedung Merdeka.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan 22 pemimpin negara menuju ke Bandung dengan menggunakan pesawat terbang. Termasuk Presiden Joko Widodo.

Namun, ada pemimpin negara yang terbang langsung dari negaranya menuju ke Bandung, salah satunya yakni Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak. Sementara, beberapa pemimpin negara menggunakan pesawat jet pribadi untuk menuju ke Bandung, seperti Presiden Tiongkok, Angola, Vietnam dan Afrika Selatan.

Kendati begitu sebanyak 10 pemimpin negara absen dari peringatan puncak KAA karena berbagai alasan. Namun, menurut Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Yuri O. Thamrin dalam keterangan persnya kemarin menyebut hal itu tidak mengurangi makna penting peringatan KAA hari ini.

Dari pantauan VIVA.co.id tepat dari depan Gedung Merdeka, Bandung, lokasi penjagaan di sekitar area sangat ketat dan telah disterilisasi. Anak-anak sekolah terlihat berdiri di pinggir kanan dan kiri jalan dari depan Hotel Preanger menuju ke Hotel Savoy untuk menyambut kedatangan para pemimpin negara.

Penutupan jalan-jalan utama di Bandung pun telah dilakukan sejak kemarin sore.

Berdasarkan susunan jadwal, acara dimulai pukul 09.00 WIB. Ke-22 pemimpin negara melakukan napak tilas dari Hotel Savoy menuju ke Gedung Merdeka.

Sementara rangkaian acara peringatan puncak 60 tahun KAA akan resmi dimulai pukul 09.35 WIB. Presiden Jokowi juga akan membacakan prinsip Dasasila Bandung.

Arrmanatha mengatakan, puncak peringatan 60 tahun KAA akan diakhiri dengan penandatanganan Pesan Bandung 2015 oleh wakil dari kawasan Asia dan Afrika. Untuk kawasan Asia, negara yang mendatangani diwakili oleh Presiden Tiongkok, Xi Jinping, sementara dari Afrika, diwakilkan kepada Raja Swazilan, Mswati III.  (ren)

Menlu RI, Retno LP Marsudi.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015