Wali Kota Ridwan Kamil Curi Perhatian Pemimpin Dunia di KAA

Ridwan Kamil usai dilantik sebagai Wali Kota Bandung
Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra
VIVA.co.id
Ridwan Kamil Tak Larang Warganya Ikut Demo Ahok
- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berhasil mencuri perhatian Presiden Joko Widodo dan para pemimpin negara peserta peringatan ke-60 tahun Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Jumat pagi, 24 April 2015.

Pengemis Berpura-pura Buntung di Bandung Ditangkap

Emil, begitu dia biasa disapa, mendapat kesempatan berpidato pertama kali untuk menyambut para tamu sebelum Presiden Jokowi menyampaikan pidato.
Ridwan Kamil: Mi Bikini 'Remas Aku' Kreatif yang Meresahkan


Dalam pidatonya, Ridwan Kamil berhasil mengundang perhatian para pemimpin dunia yang hadir. Bahkan, baik Presiden Jokowi maupun Presiden China Xi Jinping, tampak terpukau saat mendengarkan pidato Ridwan dalam bahasa Inggris.


Dalam pidato sekitar lima menit itu, Ridwan menyampaikannya dengan bahasa Inggris secara lancar dan fasih. Sesekali dia menunjukkan gestur atau bahasa tangan untuk menjelaskan pidatonya.


Selain menyampaikan sambutan, Ridwan juga membacakan Dasa Sila Bandung di hadapan para pemimpin dunia. Pedoman kedamaian dan kerjasama dunia yang dicetuskan bangsa-bangsa Asia Afrika itu disampaikan dalam bahasa Inggris.


Di akhir pidatonya, Ridwan tak lupa menutupnya dengan bahasa Sunda. "
Hatur nuhun
(terima kasih)," ujar Ridwan.


Tampaknya para pejabat di Jawa Barat sudah membagi-bagi tugas. Sebelum pidato Ridwan, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bertugas menyambut para tamu negara di depan Hotel Savoy Homann. Sementara, Wakil Gubernur Deddy Mizwar juga menyambut tamu penting yang tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya